Logo Bloomberg Technoz

4 Jurus Bos BRI Jaga NPL di Level 3%

Sultan Ibnu Affan
25 July 2024 09:59

Dok. BRI
Dok. BRI

Bloomberg Technoz, Jakarta - Di tengah tekanan terhadap kualitas aset, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) akan menerapkan empat strategi agar net perfoming loan (NPL) terjaga di level 3%.

Direktur Utama BRI Sunarso, mengatakan berdasarkan data Bank Indonesia terjadi peningkatan NPL pada sektor UMKM. Namun, BRI masih nisa menjaga level NPL di 3,05% pada akhir kuartal II-2024.

"Sepengetahuan saya, NPL UMKM di perbankan kalau digabung swasta dan BUMN di level 4%. Tapi BRI kan dibawah itu di 3,05%. Jadi sebenarnya NPL UMKM BRI masih lebih baik atau di bawah NPL rata-rata industri perbankan," ujar Sunarso dalam konferensi pers, Kamis (25/7/2024).

Sunarso menambahkan BRI telah menetapkan strategii untuk bisa menahan kenaikan NPL. Pertama adalah kredit UMKM akan tumbuh secara selektif dengan memperkuat manajemen risiko."Risk kita perketat, loan portofolio gainnya kita perketat. Kita pilah-pilah lagi mana yang sedang bermasalah," ujar Sunarso.

Kedua, adalah strategi restrukturisasi kredit. "Ketiga, kalau memang tidak bisa direskturisasi terpaksa kita harus hapus buku, maka disitulah cadangan berbicara. Cadangan BRI terhadap NPL lebih dari 2 kali," ujarnya.