Logo Bloomberg Technoz

Jatam Soal Nikel Weda Bay: Bikin Sungai Tercemar dan Wabah ISPA

Dovana Hasiana
25 July 2024 11:40

Lokasi penambangan nikel./Bloomberg-Dimas Ardian
Lokasi penambangan nikel./Bloomberg-Dimas Ardian

Bloomberg Technoz, Jakarta Jaringan Advokasi Tambang (Jatam) melaporkan kualitas 3 sungai yang berada di tengah kawasan industri PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) —Sungai Wosia, Sungai Ake Doma, dan Sungai Kobe — memiliki kandungan nikel total dan tersuspensi total (TSS) yang melampaui peraturan.

Adapun, hasil temuan tersebut dilandasi oleh pengujian sampel yang dilakukan sepanjang 28 April sampai dengan 25 Mei 2023 dengan metode AAS.

Hasilnya menunjukan nilai kandungan nikel total di Sungai Ake Doma diklaim mencapai 4,55 mg/L, Sungai Wosia 4,37 mg/L, dan Sungai Kobe 4,84 mg/L.

Menurut Jatam,ketiga hasil tersebut melebihi ketentuan baku mutu aktivitas pertambangan bijih nikel yang diatur dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. 5/2022 tentang Pengolahan Air Limbah Bagi Usaha Dan/Atau Kegiatan Pertambangan Dengan Menggunakan Metode Lahan Basah Buatan.

“Beleid tersebut menyebutkan, kadar maksimum pada penambangan dan pengolahan semestinya 0,5 mg/L,” tulis Jatam dalam laporan bertajuk Penaklukan dan Perampokan Halmahera: IWIP sebagai Etalase Kejahatan Strategis Nasional Negara-Korporasi, dikutip Kamis (25/7/2024).

Kegiatan operasional tambang nikel di Morowali, Sulawesi (Dimas Ardian/Bloomberg)