Logo Bloomberg Technoz

SK Hynix telah menjadi salah satu penerima manfaat utama dari perlombaan untuk memasok komponen yang penting untuk menciptakan layanan AI generatif seperti ChatGPT. Perusahaan akan "menganalisis permintaan pelanggan dan profitabilitas secara cermat" untuk memastikan belanja modalnya sesuai dengan arus kas operasional, kata perusahaan dalam sebuah pernyataan.

Pada Mei, perusahaan tersebut mengatakan bahwa kapasitasnya untuk membuat chip memori bandwidth tinggi hampir penuh dipesan hingga tahun 2025. 

Chip HBM, yang dipasangkan dengan akselerator Nvidia, merupakan pendorong pertumbuhan utama untuk SK Hynix pada kuartal tersebut. Pendapatan untuk memori bandwidth tinggi melonjak lebih dari 250%.

"Ini semua tentang HBM dan solid-state drive perusahaan," kata Greg Roh, seorang analis dari Hyundai Motor Securities Co. 

Penurunan harga saham Hynix

Hal tersebut membantu mendorong kenaikan 47% saham SK Hynix dari awal tahun hingga penutupan hari Rabu, sebuah reli yang tercermin dari banyak pemimpin baru di sektor AI. Namun, booming saham global tersebut masih berada dalam bahaya karena para investor menilai kembali potensi kenaikan lebih lanjut di tengah-tengah perubahan kebijakan bank sentral dan pemilihan presiden AS. Beberapa analis memperingatkan bahwa hype atas aplikasi AI yang belum teruji mendorong kenaikan pasar yang sangat besar dengan teknologi AI yang belum mencapai potensi penuhnya.

Ada kekhawatiran "bahwa pertumbuhan belanja modal cloud hyperscalers tahun ini mungkin tidak akan mengalami peningkatan lebih lanjut sementara pertumbuhan pendapatan dari aplikasi AI generatif cenderung di bawah ekspektasi," ujar Sanjeev Rana, seorang analis di CLSA Securities Korea Co.

SK Hynix mengatakan bahwa belanja modalnya sendiri tahun ini kemungkinan akan melampaui rencana sebelumnya untuk mengimbangi ledakan belanja perangkat keras AI. Perusahaan berencana untuk memproduksi massal chip HBM3E 12-layer generasi berikutnya pada kuartal ini dan mulai memasok pelanggan yang belum teridentifikasi pada kuartal keempat. 

Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan ini dapat memperlebar keunggulannya atas saingannya Samsung dan Micron Technology Inc. dalam mendesain dan memasok memori kelas atas yang menggerakkan akselerator AI Nvidia. Produk HBM3E terbaik akan mencapai sekitar setengah volume dari semua chip HBM-nya tahun ini, katanya.

Menurut Bloomberg Intelligence, pendapatan 2% dari SK Hynix yang mengalahkan kekuatan DRAM (kemungkinan besar HBM) dan tren harga yang membaik menjadi pertanda baik bagi Micron dan menunjukkan bahwa panduan pendapatan fiskal kuartal-IV perusahaan tersebut mungkin konservatif. 

Peningkatan permintaan memori bandwidth tinggi (HBM) didukung oleh penguatan penjualan solid state drive seiring dengan meningkatnya beban kerja AI. Pasar tradisional mengalami tren musiman, yang kemungkinan besar mendorong penurunan bit NAND secara berurutan.

SK Hynix telah mengalokasikan sekitar US$15 miliar di Korea Selatan untuk memenuhi lonjakan permintaan chip kelas atas, di atas rencana untuk menghabiskan US$3,9 miliar untuk pabrik pengemasan canggih dan pusat penelitian untuk produk kecerdasan buatan di Indiana.

(bbn)

No more pages