Logo Bloomberg Technoz

Gelombang Jual Saham AI, Harga SK Hynix Drop Terdalam 20 Bulan

News
25 July 2024 11:30

Gedung SK Hynix (Dok: Bloomberg)
Gedung SK Hynix (Dok: Bloomberg)

Yoolim Lee - Bloomberg News

Bloomberg, Harga saham SK Hynix Inc. merosot paling dalam di 20 bulan terakhir sejalan aksi jual pada saham teknologi. Aksi jual tersebut merupakan respons kinerja keuangan yang merupakan salah satu pemasok terbesar Nvidia Corp pada kuartal yang berakhir Juni.

Hynix merupakan perusahaan yang memproduksi chip yang membantu melatih model kecerdasan buatan (artificial intelegence/AI) ini melaporkan penjualan yang meningkat lebih dari dua kali lipat menjadi 16,4 triliun won ($11,9 miliar), lebih tinggi dari estimasi para analis. Laba operasional dalam tiga bulan hingga Juni juga melampaui ekspektasi, mencapai 5,47 triliun won dengan margin operasional 33%.

Namun, saham SK Hynix turun sebanyak 7,8% pada hari Kamis di Seoul, penurunan intraday terbesar sejak November 2022. Hal itu terjadi setelah aksi jual besar-besaran pada saham-saham teknologi di AS - termasuk penurunan 6,8% untuk saham Nvidia - karena investor menjadi ragu-ragu dengan valuasi yang meningkat untuk perusahaan-perusahaan yang terkait dengan AI. Samsung Electronics Co, yang sedang berjuang untuk masuk ke pasar memori kelas atas yang sedang diminati, turun 2,2%. 

Kekhawatiran berkembang bahwa belanja AI dan pusat data akan melambat dari kecepatannya yang hingar-bingar kecuali perusahaan-perusahaan seperti Microsoft Corp. dan Alphabet Inc. dapat menghasilkan pendapatan yang signifikan dari investasi mereka yang sangat besar. Minggu ini, Morgan Stanley memangkas saham sektor chip AI termasuk SK Hynix dan Taiwan Semiconductor Manufacturing Co. dari daftar fokusnya, dan memperingatkan bahwa mungkin sudah waktunya untuk beristirahat sejenak.