Logo Bloomberg Technoz

Epidemiolog: Gagal Ginjal Pada Anak Bukan Efek dari Vaksin Covid

Dinda Decembria
25 July 2024 11:10

Ilustrasi pemeriksaan ginjal (Photo By Natabuena via Envato)
Ilustrasi pemeriksaan ginjal (Photo By Natabuena via Envato)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kasus Gagal ginjal pada anak sedang naik. Salah satu faktornya karena vaksin Covid-19. Namun, hal tersebut langsung dibantah Epidemiolog yang juga pakar kesehatan Dicky Budiman.

Menurut Dicky, korelasi yang tepat bukan karena vaksin melainkan anak mengalami infeksi Covid-19 yang bisa berakibat pada kondisi gagal ginjal.

"Dari sudut pandang medis, sejauh ini tidak ada bukti cukup valid atau kuat vaksin Covid-19 menyebabkan gagal ginjal pada anak, tapi sebaliknya peningkatan kasus gagal ginjal pada anaknya lebih dimungkinkan disebabkan oleh infeksi dari Covid-19 itu sendiri," kata Dicky kepada Bloomberg Technoz, Kamis (25/7).

Dicky menyebut tidak ada argumen kuat menyatakan bila vaksin Covid-19 menimbulkan peningkatan kasus gagal ginjal pada anak. Sekalagi ia menegaskan bahwa secara keamanan vaksin sudah terbukti.

"Ketika diberikan ke anak sudah melalui uji klinis ketat dan aman baik itu Who, FDA, di Eropa. Juga pemantauan efek samping vaksin Covid-19 itu sendiri menunjukkan gagal ginjal pasca vaksin amat sangat jarang, dan tidak lebih tinggi dari yang diharapkan dari populasi umum. Artinya, tidak berdasar jika dikaitkan hal itu. Dan kalau pun terjadi reaksi di alergi, sangat jarang dan tidak ditemukan, tidak menyebabkan gagal ginjal sejauh ini," tegas Dicky.