Logo Bloomberg Technoz

Produk HBM3E akan mencapai sekitar setengah volume dari semua cip HBM-nya tahun ini. Laporan SK Hynix dapat meredakan kekhawatiran yang berkembang bahwa pengeluaran AI akan mulai melambat karena pembatasan AS dalam memasok ke China, sementara kecepatan hingar-bingar investasi pusat data melambat.

Minggu ini, Morgan Stanley memangkas saham sektor cip AI termasuk SK Hynix dan Taiwan Semiconductor Manufacturing Co dari daftar fokusnya, dan memperingatkan bahwa mungkin sudah waktunya untuk beristirahat sejenak.

Saham-saham teknologi AS mengalami penurunan dalam semalam karena para investor tidak yakin dengan janji AI, dengan Nvidia turun 6,8%. SK Hynix tetap menjadi salah satu penerima manfaat utama dari perlombaan untuk memasok komponen-komponen yang penting untuk menciptakan layanan AI generatif seperti ChatGPT.

Perusahaan Korea Selatan ini mengungkapkan pada Mei bahwa kapasitasnya untuk membuat cip memori bandwidth tinggi hampir sepenuhnya dipesan hingga tahun 2025, yang mencerminkan keunggulannya yang semakin besar atas Samsung.

SK Hynix (Dok: Bloomberg)

Hal ini membantu mendorong kenaikan 47% di SK Hynix dari awal tahun hingga penutupan Rabu (24/7/2024), reli yang tercermin dari banyak pemimpin baru di sektor AI yang baru saja muncul. Namun, tren saham global tersebut goyah minggu lalu setelah para investor menilai kembali potensi kenaikan lebih lanjut di tengah-tengah pergeseran kebijakan bank sentral yang membayangi dan Pilpres AS.

Beberapa analis memperingatkan bahwa tren atas aplikasi AI yang belum teruji mendorong kenaikan pasar yang sangat besar dengan teknologi AI yang belum mencapai potensi penuhnya.

"Kami tidak menyerukan 'akhir dari siklus'--tetapi dengan semua fokus pada kekurangan dan pembicaraan tentang paradigma AI baru, penting untuk tidak melupakan sifat normal dan siklus pasar semikonduktor," analis Morgan Stanley, termasuk Shawn Kim dan Charlie Chan menulis dalam laporan terpisah.

Apa yang dikatakan oleh Bloomberg Intelligence

Margin laba operasional SK Hynix pada kuartal kedua dapat mencapai 37-40% karena peningkatan harga jual rata-rata (ASP) untuk cip DRAM dan NAND karena Micron baru-baru ini mencapai kenaikan ASP sebesar 20%.

Pangsa pasar SK Hynix yang dominan pada cip memori bandwidth tinggi (HBM) mungkin telah meningkatkan margin operasi. SK Hynix mungkin mengharapkan pengiriman bit DRAM dan NAND tumbuh secara berurutan di 3Q karena adanya peningkatan permintaan musiman. Karena perusahaan ini memperluas kapasitas produksi HBM, penjualannya dapat terus tumbuh di 2H.

- Masahiro Wakasugi, analis

Untuk jangka panjang, SK Hynix mengalokasikan sekitar US$15 miliar di Korsel untuk memenuhi lonjakan permintaan cip kelas atas, di atas rencana untuk membelanjakan US$3,9 miliar untuk pabrik pengemasan canggih dan pusat penelitian untuk produk kecerdasan buatan di Indiana.

(bbn)

No more pages