Logo Bloomberg Technoz

Permintaan AI Melonjak, Pendapatan SK Hynix Naik Dua Kali Lipat

News
25 July 2024 08:30

Gedung SK Hynix (Dok: Bloomberg)
Gedung SK Hynix (Dok: Bloomberg)

Yoolim Lee - Bloomberg News

Bloomberg, SK Hynix Inc mengatakan pendapatan kuartalannya meningkat lebih dari dua kali lipat dan belanja modal tahun ini kemungkinan akan melampaui rencana sebelumnya. Hal ini memicu harapan bahwa ledakan global dalam pengeluaran untuk perangkat keras AI akan terus berlanjut pada tahun 2024.

Perusahaan tersebut, mitra utama Nvidia Corp dalam memasok cip untuk melatih model kecerdasan buatan, melaporkan penjualan yang lebih baik dari yang diperkirakan yaitu 16,4 triliun won (Rp192,5 triliun) karena pendapatan untuk memori bandwidth tinggi melonjak lebih dari 250%.

Laba operasional dalam tiga bulan hingga Juni juga melampaui ekspektasi, mencapai 5,47 triliun won dengan margin operasional 33%, dibantu oleh kenaikan harga DRAM dan NAND secara keseluruhan.

Perusahaan tersebut mengatakan akan memproduksi massal cip HBM3E 12 lapis generasi berikutnya pada kuartal ini, sehingga memperlebar keunggulannya dari saingannya, Samsung Electronics Co dan Micron Technology Inc dalam mendesain dan memasok memori kelas atas yang mendukung akselerator AI Nvidia.