Logo Bloomberg Technoz

Wilayah Hilirisasi Miskin, Airlangga Sindir Kinerja Kepala Daerah

Azura Yumna Ramadani Purnama
25 July 2024 07:30

Airlangga Hartarto. (Dok: Bloomberg)
Airlangga Hartarto. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto mendesak para kepala daerah di wilayah hilirisasi nikel untuk bekerja keras menuntaskan masalah kemiskinan.

Pasalnya, tingkat kemiskinan pada dua provinsi yang menjalankan aktivitas hilirisasi nikel masih terbilang tinggi, yakni di Sulawesi Tengah dan Maluku utara. Padahal, pertumbuhan ekonomi pada wilayah tersebut mencetak nilai yang tinggi pada 2023.

“Ya pertama, kan pemerintah punya tugas untuk menekan kemiskinan ekstrem. Nah kedua, makanya pemerintah juga harus punya program untuk mengurangi kemiskinan. Nah itu harus kerja dari para bupati - bupatinya, wali kota, bupati. Nah itu kami mengingatkan saja,”ucap Airlangga saat ditemui media di kantornya, Rabu malam (24/7/2024).

Ia menegaskan bahwakepala daerah di wilayah tersebut jangan hanya mengandalkan sumber pertumbuhan ekonomi dari investasi saja. Namun perlu mendorong kegiatan-kegiatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar pembangunan dapat lebih merata.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa smelter pada wilayah hilirisasi nikel merupakan industri padat teknologi, berbeda dengan industri garmen yang merupakan industri padat karya.