Logo Bloomberg Technoz

Hasil studi ini menjabarkan rencana dan target yang akan dilaksanakan pada 2024 hingga 2027 untuk mewujudkan reformasi sektor keuangan melalui standar akuntansi yang andal bagi pemerintah dan sektor swasta di Timor Leste.

Tahun 2024 akan menjadi tahap yang sangat krusial, di mana PKN STAN akan mendampingi Timor Leste dalam menyusun draft standar akuntansi pemerintah dan standar akuntansi keuangan bagi pemerintah dan sektor swasta.

Selain itu, akan dibentuk Dewan Standar Akuntansi Timor Leste untuk memastikan bahwa penyusunan standar tersebut relevan, dapat diimplementasikan, dan berkelanjutan.

Pada 2025 dan 2026, fokus akan bergeser ke penguatan sumber daya manusia (SDM) dan profesi, penguatan regulasi, penyusunan standar lanjutan, dan penguatan kurikulum pendidikan. Selain itu, standardisasi pelatihan, penyusunan kebijakan akuntansi serta pengembangan sistem akuntansi.

Puncaknya pada 2027, akan dilakukan uji coba penerapan standar untuk mengetahui efektivitas standar yang telah disusun. Untuk mencapai tujuan besar tersebut, PKN STAN memperkuat sinergi dengan berbagai pemangku kepentingan di Timor Leste, termasuk Kementerian Keuangan, perguruan tinggi, perusahaan nasional, lembaga asing, dan pihak lainnya.

Selain itu, PKN STAN juga mempererat kerja sama dengan unit eselon I di lingkungan Kementerian Keuangan RI, Ikatan Akuntan Indonesia, Komite Standar Akuntansi Pemerintahan (KSAP), dan pihak terkait lainnya untuk mendukung tercapainya hasil yang berdampak nyata.

(lav)

No more pages