Logo Bloomberg Technoz

STAN Bantu Susun Standar Akuntansi Pemerintah-Swasta Timor Leste

Redaksi
25 July 2024 07:10

PLBN Napan di perbatasan NTT dan Timor Leste. (Dok. Kementerian PUPR)
PLBN Napan di perbatasan NTT dan Timor Leste. (Dok. Kementerian PUPR)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN) bersinergi dengan Indonesian Agency for Internasional Development (Indonesian AID), berperan aktif mendukung pelaksanaan reformasi sektor keuangan di Republik Demokratik Timor Leste (RDTL).

Berdasarkan keterangan pers Kementerian Keuangan (Kemenkeu), tahun 2024 akan menjadi tahap yang sangat krusial, di mana PKN STAN akan mendampingi Timor Leste dalam menyusun draft standar akuntansi pemerintah dan standar akuntansi keuangan bagi pemerintah dan sektor swasta.

Hal ini merupakan upaya kontribusi Kemenkeu dalam hubungan bilateral Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Timor Leste. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk Program Reformasi Pengelolaan Keuangan Timor Leste atau Timor Leste Financial Management Reform Program dengan topik 'Penyusunan Standar Akuntansi Pemerintah dan Swasta'.

Program ini dilaksanakan mulai 2023 hingga 2027 yang bertujuan untuk menyusun standar akuntansi pemerintah dan swasta guna mencapai akuntabilitas dan transparansi di sektor keuangan Timor Leste.

Pada 2023, PKN STAN menyelesaikan studi pendahuluan yang berfungsi sebagai cetak biru atau blueprint untuk penyiapan standar akuntansi pemerintah dan swasta.