Logo Bloomberg Technoz

Ekonomi Korsel Menyusut Usai Melonjak di Awal 2024

News
25 July 2024 07:20

Orang-orang di Korsel sedang berbelanja. (Dok: Woohae Cho/Bloomberg)
Orang-orang di Korsel sedang berbelanja. (Dok: Woohae Cho/Bloomberg)

Sam Kim - Bloomberg News

Bloomberg, Perekonomian Korea Selatan (Korsel) berbalik arah pada kuartal terakhir setelah pertumbuhan yang lebih tinggi dari perkiraan pada awal tahun. Hal ini menambah tantangan bagi para pembuat kebijakan saat mereka berjuang untuk menarik investasi dan konsumsi.

Produk domestik bruto (PDB) menyusut 0,2% dalam tiga bulan hingga Juni dari kuartal sebelumnya, demikian ungkap Bank of Korea (BoK) pada Kamis (25/7/2024). Angka ini lebih lemah dari perkiraan konsensus para ekonom yang memperkirakan ekspansi 0,1%.

Dari tahun sebelumnya, ekonomi berekspansi 2,3%, lebih lambat dari perkiraan rata-rata 2,5%. Kontraksi yang tidak terduga ini dapat meningkatkan desakan kepada bank sentral untuk memangkas suku bunga, meskipun pelemahan ini mungkin dibesar-besarkan oleh laju pertumbuhan yang tinggi yang terjadi pada kuartal Januari-Maret.

Pemerintah dan bank sentral telah menaikkan perkiraan pertumbuhan mereka untuk tahun 2024, indikasi bahwa mereka melihat hasil kuartal kedua lebih sebagai rintangan dalam perjalanan menuju ekspansi yang berkelanjutan, daripada sinyal peringatan bahwa air laut akan berbalik.