Logo Bloomberg Technoz

Yen memperpanjang penguatan pada Kamis (25/7/2024) setelah menguat lebih dari 1% ke level terkuat terhadap mata uang AS sejak Mei, dalam sebuah kenaikan yang mencerminkan pelonggaran dalam carry trade.

Langkah ini "berpotensi menekan posisi short yen, mengingat carry trading yang didanai yen telah menjadi strategi yang populer selama beberapa tahun terakhir," tulis kepala strategi FX Saxo Capital Markets, Charu Chanana, dalam sebuah catatan.

Di pasar obligasi, kurva Treasury menukik tajam pada Rabu (24/7/2024) di tengah spekulasi bahwa Federal Reserve akan segera menurunkan suku bunga. Imbal hasil dua tahun yang sensitif terhadap kebijakan turun enam basis poin, sementara imbal hasil 10 tahun naik tiga basis poin.

Mantan Gubernur Fed New York William Dudley menyerukan biaya pinjaman yang lebih rendah--sebaiknya pada pertemuan minggu depan. Bagi banyak analis, langkah seperti itu akan mengkhawatirkan karena mengindikasikan bahwa para pejabat terburu-buru untuk menghindari resesi.

Kemudian pada Kamis (25/7/2024) di AS, para investor akan melihat bukti lebih lanjut mengenai kesehatan ekonomi dengan dirilisnya data PDB AS dan data klaim pengangguran awal. Indeks kekuatan dolar sedikit berubah pada Rabu. Dolar Kanada turun karena Bank of Canada memangkas suku bunga untuk pertemuan kedua berturut-turut dan mengisyaratkan pelonggaran lebih lanjut.

Di Filipina, bank sentral negara ini menangguhkan perdagangan mata uang untuk hari kedua karena Topan Gaemi. Di tempat lain di Asia, data yang akan dirilis termasuk produk domestik bruto untuk Korea Selatan, harga produsen jasa Jepang untuk Juni, dan perdagangan Hong Kong untuk Juni. Sementara itu, bank sentral Singapura kemungkinan akan mempertahankan pengaturan kebijakan moneter yang ketat.

Kemunduran Teknologi Besar

Setelah mendorong reli saham hampir sepanjang tahun 2024, teknologi besar menabrak tembok. Para pedagang berotasi dari saham-saham megacaps ke bagian pasar yang tertinggal, didorong oleh spekulasi penurunan suku bunga The Fed dan kekhawatiran bahwa AI masih harus membayar.

"Masalah teknologi bukan hanya karena pendapatannya kurang sempurna, tetapi kelompok ini masih terperangkap dalam rotasi perdagangan yang kejam yang dimulai dengan IHK Juni," kata Adam Crisafulli dari Vital Knowledge.

"Banyak yang berasumsi bahwa rotasi anti-teknologi akan berlangsung singkat dan faktanya terbukti tahan lama, sehingga menambah kecemasan terhadap kelompok ini dan memacu tekanan jual tambahan."

Penurunan saham-saham ini telah membuat sebagian dari valuasi saham-saham ini turun. Meskipun hal ini merupakan sesuatu yang dapat mendukung aksi beli, musim laporan keuangan baru saja dimulai. Apple Inc, Microsoft Corp, Amazon.com Inc, dan Meta Platforms Inc akan melaporkan hasil-hasilnya minggu depan.

Indeks Nasdaq 100 dan S&P 500 telah menembus ambang batas yang memicu sinyal jual bagi para penasihat perdagangan komoditas, atau CTA, menurut para model di meja perdagangan Goldman Sachs Group Inc.

Jika saham-saham terus jatuh, para pedagang berbasis aturan tersebut dapat melepas US$32,9 miliar saham global dengan US$7,9 miliar mengalir keluar dari pasar AS, menurut sebuah analisis dari meja perdagangan bank tersebut. Bahkan jika pasar berbalik turun, CTA masih siap untuk menjual US$902 juta saham AS.

Pada komoditas, minyak naik, bangkit dari penurunan, setelah laporan pemerintah menunjukkan bahwa persediaan minyak mentah AS turun ke level terendah sejak Februari. Emas stabil pada Kamis pagi setelah penurunan 0,5% di sesi sebelumnya.

Beberapa pergerakan utama di pasar:

Saham

  • S&P 500 berjangka naik 0,2% pada pukul 7:29 pagi waktu Tokyo
  • Hang Seng berjangka turun 0,6%
  • S&P/ASX 200 berjangka turun 0,9%

Mata Uang

  • Bloomberg Dollar Spot Index sedikit berubah
  • Euro sedikit berubah pada US$1,0842
  • Yen Jepang sedikit berubah pada 153.74 per dolar
  • Yuan lepas pantai sedikit berubah pada 7,2660 per dolar
  • Dolar Australia tidak berubah pada US$0,6581

Mata Uang Kripto

  • Bitcoin turun 0,7% menjadi US$65.559,1
  • Ether sedikit berubah pada US$3.375,16

Komoditas

  • Minyak mentah West Texas Intermediate turun 0,1% menjadi $77,50 per barel
  • Emas spot sedikit berubah

(bbn)

No more pages