Logo Bloomberg Technoz

Jauh sebelum tiba, badai menghantam pulau ini dengan hembusan angin dan hujan yang kuat. Setidaknya satu orang tewas, lebih dari 50 orang terluka, dan ratusan orang dievakuasi dari daerah-daerah yang rawan bencana, menurut pihak berwenang dan laporan media setempat.

Taiwan Semiconductor Manufacturing Co, pembuat cip utama untuk Apple Inc dan Nvidia Corp, mengatakan bahwa mereka melakukan tindakan pencegahan rutin untuk fasilitas fabrikasi lokalnya.

Di daratan China, provinsi-provinsi pesisir di dekat jalur Gaemi telah mulai mengambil langkah-langkah pencegahan, termasuk mengevakuasi para turis dari resor-resor di pulau-pulau, meminta kapal-kapal untuk berlindung, dan mengumumkan penangguhan layanan kereta api penumpang.

Hujan lebat juga memengaruhi daerah pedalaman, yang mengakibatkan penghentian penambangan terbuka di beberapa pusat produksi batu bara.

Di Filipina, sedikitnya empat orang tewas akibat tanah longsor, dan lebih dari setengah juta orang mengungsi ketika badai memperparah hujan monsun, menurut pihak berwenang. Namun, mungkin perlu beberapa hari sebelum kerugian manusia dan ekonomi yang ditimbulkan oleh badai ini dapat diketahui.

(bbn)

No more pages