Logo Bloomberg Technoz

Watson memperkirakan badai tersebut dapat menyebabkan kerugian dan kerusakan senilai 25 miliar dolar Taiwan.

Gaemi diperkirakan akan menerjang bagian utara pulau dan memasuki Selat Taiwan pada Kamis pagi dalam perjalanannya menuju China, menurut Administrasi Cuaca Pusat Taiwan. Di daratan China, provinsi-provinsi pesisir yang berada di dekat jalur Gaemi telah mulai mengambil langkah-langkah pencegahan, termasuk mengevakuasi para turis dari resor-resor di pulau tersebut, meminta kapal-kapal untuk berlindung, dan mengumumkan penangguhan layanan kereta api penumpang.

Hujan lebat juga memengaruhi daerah pedalaman, yang mengakibatkan penghentian penambangan terbuka di beberapa pusat produksi batu bara.

Selain angin kencang, hujan dengan curah 4 inci hingga 8 inci (10 hingga 20 sentimeter) mungkin akan turun di wilayah Taipei, dengan beberapa tempat bisa mencapai 12 inci, kata Jason Nicholls, manajer prakiraan internasional di AccuWeather Inc. Di lereng gunung yang menghadap badai, salju setinggi 3 kaki hingga 4 kaki (1 meter) dapat turun.

Di Filipina, sedikitnya empat orang tewas akibat tanah longsor, dan lebih dari setengah juta orang mengungsi karena badai memperparah hujan musim hujan, menurut pihak berwenang. Namun, mungkin butuh beberapa hari sebelum kerugian manusia dan ekonomi yang ditimbulkan oleh badai ini dapat diketahui dengan jelas.

Banjir menggenangi kendaraan dan membuat lalu lintas terhenti di metropolitan Manila setelah Gaemi menurunkan hujan dengan curah 476 milimeter--lebih dari satu bulan--hanya dalam waktu 24 jam, menurut data dari peramal cuaca negara tersebut.

Beberapa warga terlihat memanjat ke atas bus-bus yang terdampar dan atap-atap rumah mereka untuk menghindari air yang naik. Wilayah ibu kota ditempatkan di bawah status bencana untuk memungkinkan akses yang lebih mudah ke dana bantuan, kata Menteri Dalam Negeri Benhur Abalos.

(bbn)

No more pages