Logo Bloomberg Technoz

Topan Gaemi Hantam Taiwan, Kerugian Capai Rp406,45 T

News
25 July 2024 05:30

Badai Gaemi sebabkan banjir di Quezon City, Metro Manila, Filipina. (Bloomberg Mercury)
Badai Gaemi sebabkan banjir di Quezon City, Metro Manila, Filipina. (Bloomberg Mercury)

Sing Yee Ong, Cindy Wang, dan Brian K Sullivan - Bloomberg News

Bloomberg, Topan Gaemi melanda daratan Taiwan pada Kamis (25/7/2024) pagi, melintas di selatan ibu kota Taipei yang padat penduduk. Perkiraan awal potensi kerugian akibat badai ini mencapai US$25 miliar (sekira Rp406,45 triliun). 

Topan Gaemi telah menyamai topan Kategori 3 ketika melaju ke pulau tersebut, setelah menewaskan sedikitnya empat orang di Filipina. Namun, kontak dengan pegunungan Taiwan menurunkan kecepatan angin menjadi 103 mil (166 kilometer) per jam setelah mendarat, menurut Chuck Watson, seorang pemodel bencana untuk Enki Research.

Taiwan telah bersiap-siap menghadapi dampaknya, membatalkan penerbangan dan feri, menutup kantor dan sekolah, serta menangguhkan perdagangan saham pada Rabu dan Kamis. Jauh sebelum tiba, badai menghantam pulau tersebut dengan hembusan angin kencang dan hujan. Sedikitnya satu orang tewas, lebih dari 50 orang terluka, dan ratusan orang dievakuasi dari daerah-daerah yang rawan bencana, menurut pihak berwenang dan laporan media setempat.

Taiwan Semiconductor Manufacturing Co, pembuat cip utama untuk Apple Inc dan Nvidia Corp, mengatakan bahwa mereka melakukan tindakan pencegahan rutin untuk fasilitas fabrikasi lokalnya, sementara perusahaan listrik negara Taiwan Power Co mengatakan bahwa sekitar 6.000 personel bersiaga untuk melakukan perbaikan.