Logo Bloomberg Technoz

Dirut Bank BCA Ungkap Penempatan Dananya di SRBI

Sultan Ibnu Affan
25 July 2024 04:55

Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk atau BCA, Jahja Setiaatmadja. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk atau BCA, Jahja Setiaatmadja. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Direktur PT Bank Centra Asia Tbk atau Bank BCA (BBCA) Jahja Setiaatmadja memastikan akan terus meningkatkan kinerja kredit perusahaan, seiring dengan tren peningkatan penempatan dana perbankan di Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI).

Jahja mengatakan bahwa penempatan dana perbankan di SRBI merupakan bagian dari strategi pengelolaan dalam menjaga likuiditas perbankan, yang saat ini juga terbilang cukup likuid. Apalagi penempatan juga menjadikan nilai tambah.

"Kalau kebetulan nasabah kita membutuhkan valas ya, beli atau jual. Jadi utama sekali ya, jadi kalau dikatakan 'aduh enak taruh aja di SBN atau SRBI, ya [bukan seperti itu]," tutur Jahja dalam konferensi pers secara virtual, Rabu (24/7/2024).

"Bank udah profit [melalui kredit], betul, tetapi itu bukan message, tujuan utama bank fungsinya. Kalau suatu saat ada kelebihan likuditas, ya masa dianggurin di dalam tunai kan nggak mungkin. Nah kita cari penempatan sementara."

Penempatan dana dalam instrumen SRBI dan SBN tersebut merupakan bentuk dukungan perbankan dalam pembangunan nasional dan juga belanja negara.