Logo Bloomberg Technoz

Respons ESDM Usai KPK Geledah Kantor Ditjen Minerba

Dovana Hasiana
24 July 2024 20:30

Gedung ESDM. (Dok. ESDM)
Gedung ESDM. (Dok. ESDM)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penggeledahan dan penyitaan di Kantor Direktorat Jenderal Mineral dan Batu Bara (Ditjen Minerba) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Tebet, Jakarta Selatan. 

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agus Cahyono Adi membenarkan informasi penindakan oleh lembaga antirasuah tersebut. Menurut dia, proses penggeledahan masih berlangsung hingga malam hari. Dia mengklaim, lembaganya memberikan dukungan kepada KPK dan aparat penegak hukum lainnya dalam upaya penegakan hukum dan antikorupsi.

“Saat ini masih berlangsung pencarian barang bukti yang diperlukan, kami terus mendukung KPK dan APH lainnya dalam penegakan hukum di sektor ESDM,” ujar Agus kepada Bloomberg Technoz, Rabu (24/7/2024). 

Juru bicara KPK, Tessa Mahardhika Sugiarto sebelumnya memberikan informasi penyidik tengah mencari sejumlah barang bukti perkara penerimaan suap, gratifikasi, serta pencucian uang dengan tersangka eks Gubernur Maluku Utara (Malut) Abdul Gani Kasuba (AGK). Salah satu lokasinya berada di Kantor Ditjen Minerba Kementerian ESDM.

“[Selain itu] Terkait dengan pengadaan barang dan jasa dan pengurusan perizinan di lingkungan Pemerintah Provinsi Maluku Utara yang diduga dilakukan oleh tersangka MS [Muhaimin Syarif]. Kegiatan saat ini masih berlangsung,” ujar Tessa.