Logo Bloomberg Technoz

GOTO Ajukan Izin Private Placement 120 Miliar Saham Baru

Sultan Ibnu Affan
24 July 2024 18:33

GOTO Gojek Tokopedia. (Dok: Bloomberg)
GOTO Gojek Tokopedia. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) akan mengajukan rencana penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (PMTHMETD) atau non-preemptive rights (NPR) alias private placement.

"Sehubungan dengan PMTHMETD, Perseroan dapat menerbitkan sebanyak- banyaknya 120 miliar saham Seri A atau sebesar maksimum 10% dari jumlah seluruh modal ditempatkan dan disetor dalam Perseroan pada tanggal Keterbukaan Informasi ini, yang akan diterbitkan dari saham portepel Perseroan dengan nilai nominal Rp1 per saham," tulis keterbukaan informasi GOTO, Rabu (24/7/2024).

Koesoemohadiani menegaskan, rencana itu diajukan untuk mendapatkan persetujuan pemegang saham setiap tahun agar perseroan tetap memiliki fleksibilitas untuk menghimpun pendanaan, sejalan dengan kebutuhan perseroan, apabila diperlukan, termasuk dalam menghadapi ketidakpastian kondisi makroekonomi pada saat ini.

Pengajuan rencana private placement ini juga tidak serta-merta berarti perseroan akan segera menjalankan rencana itu apabila disetujui pemegang saham, di mana perseroan pada saat ini belum memiliki rencana yang menyebabkan dibutuhkannya pendanaan tambahan.

“Perseroan akan mengajukan rencana ini secara tahunan, walau belum tentu perseroan akan  melaksanakan rencana PMTMHMETD tersebut agar perseroan memiliki fleksibilitas yang akan dilaksanakan secara bijak dan penuh kehati-hatian," ujarnya.