Logo Bloomberg Technoz

Netanyahu berada di Washington minggu ini untuk menyampaikan pidato di hadapan Kongres pada Rabu (24/07/2024). Pemimpin Israel tersebut juga diharapkan bertemu dengan Biden pada pukul 1 siang pada Kamis dan berbicara secara terpisah dengan Harris.

Perdana menteri tersebut adalah salah satu sekutu terdekat Trump selama masa kepresidenannya. Namun, Trump mengoceh dengan kasar tentang rekannya tersebut karena memberi selamat kepada Biden atas kemenangan pemilu tahun 2020, demikian dilaporkan oleh Axios pada 2021.

Trump mengatakan dia akan mendukung perang Israel melawan Hamas. Namun dia juga mengkritik Netanyahu atas pelaksanaan perang tersebut; pada satu titik mengatakan pemimpin Israel itu seharusnya “menyelesaikan” konflik tersebut.

Netanyahu mengatakan minggu ini bahwa kondisi untuk gencatan senjata dan kesepakatan sandera dengan Hamas “menjadi matang,” yang menunjukkan prospek untuk kesepakatan menghentikan perang sementara semakin meningkat.

Trump juga membuat pernyataan-pernyataan yang mengkritik Partai Demokrat yang telah menyuarakan dukungan bagi Palestina dan protes kampus terhadap perang tersebut, menuduh orang Yahudi yang mendukung Partai Demokrat membenci agama mereka dan Israel.

Trump berbicara melalui telepon bulan ini dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy, dan dikunjungi setelah pertemuan puncak NATO oleh Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban.

(bbn)

No more pages