Logo Bloomberg Technoz

Dalam data tersebut, PDRB per Kapita Provinsi DKI Jakarta tahun 2023 tercatat sebesar US$20,927. Sementara PDRB per Kapita Provinsi Kalimantan Timur tercatat senilai US$13,996.

Selanjutnya, terdapat 12 Provinsi yang tercatat sebagai upper middle income economy. Serta, 23 provinsi yang masuk dalam kategori daerah berpendapatan menengah ke bawah (lower middle income economy).

Sementara itu, terdapat satu Provinsi yang pada tahun 2023 tercatat sebagai daerah dengan pendapatan rendah atau low income economy yakni Papua Pegunungan. PDRB per kapita Provinsi tersebut tercatat sebesar US$1,094.

Sebelumnya, Airlangga mengungkapkan terdapat tiga mesin ekonomi yang harus dimaksimalkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi agar Indonesia dapat menjadi negara berpendapatan tinggi.

Pertama, mesin ekonomi konvensional yang telah ada, seperti infrastruktur, perdagangan, manufaktur, dan pertanian, yang harus direvitalisasi dan ditingkatkan kapasitasnya melalui investasi dan perluasan akses pasar.

Kedua, membangun mesin ekonomi baru seperti digitalisasi, kecerdasan artifisial, semikonduktor, ekonomi hijau dan transisi energi, yang akan berfungsi sebagai akselerator pertumbuhan untuk generasi masa depan.

“Ketiga, mesin ekonomi Pancasila yaitu mesin ekonomi berkeadilan dan inklusif, yang harus disempurnakan untuk menjaga kesinambungan sosial ekonomi,” ungkap Airlangga dalam saat memberikan sambutan dalam acara BJ Habibie Memorial Lecture, dikutip melalui keterangan resminya, Selasa (23/7/2024).

(azr/lav)

No more pages