Logo Bloomberg Technoz

Baru Dua Provinsi Lepas Middle Income Trap, Ini Kata Airlangga

Azura Yumna Ramadani Purnama
24 July 2024 18:30

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto. (Bloomberg Technoz/Mis Fransiska Dewi)
Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto. (Bloomberg Technoz/Mis Fransiska Dewi)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto menilai pemerataan ekonomi masih perlu digencarkan agar daerah-daerah di Indonesia dapat menyusul DKI Jakarta dan Kalimantan Timur yang telah lebih dulu menjadi daerah berpenghasilan tinggi.

“Kami kan melihat berbagai daerah Indonesia ada yang pendapatannya tinggi, seperti Jakarta, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, sebagian Sumatera Selatan, ya itu harus kami ratakan pertumbuhannya,” ucap Airlangga saat ditemui awak media di kantornya, Rabu (24/7/2024).

Dengan demikian, Airlangga menegaskan bahwa mesin pengungkit ekonomi pada daerah-daerah lain masih perlu didorong. Utamanya yang terkait dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) hingga sektor jasa.

“Ya tentu ekonomi sektornya harus didorong terutama untuk UMKM kemudian sektor jasa harus didorong,” pungkasnya.

Sebagai informasi, berdasarkan data sebaran Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) milik Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas hanya terdapat dua provinsi yang telah mencapai high income economy pada tahun 2023.