Logo Bloomberg Technoz

Korut Kirim Balon Sampah, Jatuh di Kompleks Kepresidenan Korsel

News
24 July 2024 18:00

Ilustrasi Korea selatan
Ilustrasi Korea selatan

Soo-Hyang Choi - Bloomberg News

Bloomberg, Sebuah balon yang dikirim dari Korea Utara (Korut) berisi sampah mendarat di sebuah kompleks pemerintahan di Seoul yang menjadi tempat kantor kepresidenan. Menurut dinas keamanan presiden, hasil penyelidikan menunjukkan bahwa balon tersebut tidak mengandung bahan berbahaya.

Sebuah tim ahli kimia, radiologi, dan biologi melakukan pemeriksaan dan menyatakan bahwa isi balon tersebut "tidak berbahaya atau mengandung kontaminan," demikian disebutkan dalam sebuah pernyataan pada Rabu (24/07/2024).

Objek tersebut dilacak sebelum mendarat. Korea Selatan telah menahan diri untuk menembak jatuh balon-balon tersebut karena takut menyebarkan kemungkinan bahan-bahan berbahaya atau kerusakan tambahan ke daerah-daerah padat penduduk akibat tembakan.

Korea Utara telah menerbangkan lebih dari 3.000 balon berisi sampah ke negara tetangganya di selatan sejak akhir Mei, yang telah menimbulkan gangguan bagi Seoul dan daerah sekitarnya. Balon-balon tersebut merupakan bagian dari aksi kemarahan terhadap Korea Selatan (Korsel) atas tindakan di perbatasan yang menurut Pyongyang mengancam kedaulatannya.