Logo Bloomberg Technoz

GOTO Hanguskan 10 Miliar Saham Treasuri Hasil Pre IPO & Greenshoe

Sultan Ibnu Affan
24 July 2024 17:09

Ilustrasi saham GoTo Gojek Tokopedia. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi saham GoTo Gojek Tokopedia. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta -  PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) merencanakan untuk penarikan Kembali atau menghanguskan saham treasuri yang dibeli pada 2021 dan 2022. Rencana tersebut diajukan untuk dalam  Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), yang rencananya akan diselenggarakan pada 30 Agustus 2024.

Rencananya jumlah saham treasuri yang dihanguskan berjumlah 10 miliar saham atau tepatnya  10.264.665.616 saham Seri A Perseroan. Saham treasuri tersebut dibeli kembali atau buyback di masa sebelum IPO dan saham yang diperoleh oleh Perseroan dari pelaksanaan program stabilisasi harga saham Perseroan pasca-IPO (greenshoe). 

Koesoemohadiani, Corporate Secretary GoTo menjelaskan, langkah Perseroan melakukan penarikan kembali saham treasuri ini berkaitan dengan sejumlah inisiatif pembelian Kembali saham yang telah dilakukan oleh Perseroan sebelum IPO, serta terkait dengan program greenshoe sebagaimana dijelaskan pada Prospektus IPO Perseroan. 

"Penarikan kembali saham treasuri akan memberikan nilai tambah bagi para pemegang saham seiring berkurangnya jumlah saham Perseroan yang beredar, dan pada saat yang bersamaan memastikan kepatuhan pada ketentuan yang berlaku," ujarnya, Rabu (24/7/2024).

Pada kesempatan yang sama, Perseroan juga mengumumkan akan mengajukan rencana penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (PMTHMETD) untuk mendapatkan persetujuan pemegang saham. Rencana tersebut diajukan kepada pemegang saham setiap tahun untuk mendapatkan persetujuan agar Perseroan memiliki fleksibilitas untuk menghimpun pendanaan sejalan dengan kebutuhan Perseroan, apabila penghimpunan dana memang diperlukan. Langkah ini akan menempatkan Perseroan sejajar dengan berbagai perusahaan publik global yang tidak harus menjalani proses yang serupa seperti GoTo.