Logo Bloomberg Technoz

Para pengusaha hotel yang paling mampu menghindari penurunan harga selama setahun terakhir kemungkinan adalah mereka yang memilih kenaikan yang lebih masuk akal sejak awal. 

Laetitia Brandariz-Berrut, manajer Hotel Bedford bintang empat dan Hotel de l'Arcade bintang tiga, keduanya di arondisemen ke-8, mengatakan dia mengenakan biaya tambahan sebesar 20% hingga 25% di atas tarif maksimum sebelumnya.

“Anda tidak bisa terlalu serakah dan mencoba menjual kamar dengan harga yang tidak realistis,” kata Brandariz-Berrut. 

“Kami mempertahankan harga kami dan mengambil risiko untuk tidak menurunkannya.”

Hotel-hotel mewah terpukul keras, meskipun mereka tidak menaikkan harga sebesar properti bintang tiga dan empat. Permintaan untuk tempat-tempat ini anjlok sebelum Olimpiade, dengan tingkat hunian serendah 15% untuk beberapa tanggal di bulan Juli. 

Para ahli industri mengatakan laporan media tentang jalur metro yang kelebihan beban, perimeter keamanan yang diperketat, dan kekhawatiran tentang lalu lintas di pusat kota mungkin telah menghalangi pengunjung untuk memesan atau bahkan mendorong pembatalan.

Menurut data dari perusahaan riset pariwisata MKG Consulting, hunian hotel secara keseluruhan cukup solid, dengan tingkat hunian sebesar 78,2% untuk minggu 22 Juli dan 76,2% untuk minggu 29 Juli, dibandingkan dengan 51,4% dan 50,1% untuk minggu yang sama pada tahun 2023.

Hunian menurun pada minggu 5 Agustus, menjadi 48,3%, setara dengan 44,8% setahun yang lalu.

“Kami melihat dinamika yang baik,” kata CEO MKG Vanguelis Panayotis, menambahkan bahwa pemesanan untuk Olimpiade akan membantu menutupi bulan Juni dan awal Juli yang lesu. 

“Dan harganya tidak buruk. Kami berada dalam fase di mana pasar sedang mengoreksi dirinya sendiri.”

Dengan harga yang baru diturunkan dan dua minggu acara Olimpiade yang segera dimulai, masih ada waktu bagi tingkat hunian untuk meningkat. Data Lighthouse menunjukkan bahwa hunian yang sudah dipesan untuk Olimpiade saat ini adalah 74,7%. 

Pada titik ini tahun lalu, 51,7% kamar telah dipesan untuk periode yang sama pada tahun 2023, dengan reservasi menit terakhir akhirnya membawa tingkat hunian menjadi 72,8%. Dengan kata lain: Hotel masih memiliki waktu untuk mengisi kamar mereka, dan mungkin bahkan terus melakukannya setelah upacara pembukaan.

(bbn)

No more pages