Logo Bloomberg Technoz

"Ini menunjukkan bahwa gaya hidup anak kita sangat prihatin. Pola makan, pola gerak, pola tidurnya, saya sangat prihatin apalagi yang sering bergadang, males gerak, males olahraga, makanan ga sehat," tegasnya.

Apa yang harus dilakukan orang tua agar ginjal anaknya sehat?

1.⁠ ⁠Olahraga

Demi menyehatkan tubuh, dr Piprim menyarankan agar melakukan olahraga.

"Olahraga ya, mungkin secara fisik, itu akan bagus untuk seluruh organ tubuh, jantung, ginjal kesehatan fisik," katanya.

2.⁠ ⁠Kurangi gula dan garam

Mengurangi asupan garam dan gula pada makanan. Bukan hanya gula putih, melainkan gula pemanis yang biasa ditemukan di kemasan minuman manis yang dijual di pasaran.

"Banyak minum air putih, memang mesti mengurangi gula, bukan hanya gula putih, tapi pemanis yang ada di dalam minuman soft drink kita," ujar dr Piprim. 

"Kalau kita masuk minimaket kan ada 100 macam minuman manis dengan berbagai pemanisnya, ini bisa macem-macem diabetes, obesitas, bisa ginjal," tambahnya.

3.⁠ ⁠Selalu Bekali Air Putih

Agar anak terhindar dari jajanan minuma manis. Orang tua harus membekali anaknya air putih.

"Jadi anak-anak harus bawa air minum putih ke mana-mana. Mungkin ditunjukkan aja, nanti kamu minum nanti jadi gini, anak itu bisa kok diajarin, karena minuman manis itu butuh adiksi," kata dr Piprim.

4.⁠ ⁠Nutrisi Lengkap, Susu Tidak Wajib

Orang tua perlu memberikan sang anak makanan sehat dengan makronutrisi lengkap, seperti karbohidrat, protein, lemak, dan serat. Bagaimana dengan susu?

"Susu mungkin komplementer, pelengkap saja dan tidak jadi superfood. Lebih baik anak-anak diberi real food, makanan yang ada protein hewani, nabati, sayuran, buah," kata dr. Piprim.

(dec/spt)

No more pages