Logo Bloomberg Technoz

Kasus Gagal Ginjal Anak Naik, Penyebab: Junk Food & Minuman Manis

Dinda Decembria
24 July 2024 17:20

Ilustrasi ginjal. (Photo By chormail via Envato)
Ilustrasi ginjal. (Photo By chormail via Envato)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Umum PP IDAI, dr. Piprim Basarah Yanuarso, SpA(K),  mengaku dan tidak membantah adanya kenaikan kasus anak yang mengidap penyakit ginjal.

Ia pun menyoroti soal konsumsi makanan junkfood dan ultra proscessed food ketika anak-anak. Namun seiring bertambah usia kondisi ginjal semakin berbahaya bila terus menerus mengonsumsi itu.

"Anak harus dikasih realfood, jangan junkfood. Macam-macam nanti dampaknya, termasuk lagi heboh kena ginjal. Kita harus aware dengan pembelian makanan anak," kata dokter Piprim baru-baru ini ditemui awak media di Jakarta.

Selain itu, dr Piprim mengungkap salah satu survei yang dilakukan oleh pakar ginjal dari IDAI. Anak usia remaja dari umur 12-18 tahun dari 1-5 anak dilakukan pemeriksaan urine. Hasilnya mengandung hematuria atau proteinuria.

"Jadi, ada darah dalam urin. ini Salah satu indikator awal kerusakan ginjal, kita bayangkan umur anak remaja 12-18 tahun, 1 dari 5 anak  ada proteinnuria dan hematuria, memprihantikan," katanya.