Logo Bloomberg Technoz

Daftar 107 Calon Kompolnas; Wartawan hingga Pensiunan Polri

Redaksi
24 July 2024 14:06

Ketua Pansel Kompolnas Hermawan Sulistyo. (Dok Humas Polri)
Ketua Pansel Kompolnas Hermawan Sulistyo. (Dok Humas Polri)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Panitia seleksi calon anggota Komisi Kepolisian Nasional (Pansel Kompolnas) mengumumkan ada 107 nama yang lolos tahap verifikasi administrasi. Jumlah ini menurun dari total nama pendaftar posisi anggota Kompolnas 2024-2028 yang mencapai 137 nama.

Ketua Pansel Kompolnas Hermawan Sulistyo memastikan keputusan diambil usai setiap berkas para pendaftar melalui pemeriksaan secara teliti oleh sembilan anggota pansel.

“Ada syarat-syarat normatif, ada syarat-syarat legal yang ada pada peraturan presiden, dan syarat-syarat yang lebih teknis penjabaran dari yang ditetapkan oleh Pansel,” ujar Hermawan dikutip dari Laman Humas Polri, Rabu (24/7/2024).

Diketahui pendaftaran Seleksi Administrasi Peserta Calon Anggota Kompolnas dilaksanakan mulai tanggal 27 Juni hingga 19 Juli 2024. Pansel mencatat ada 137 pendaftar yang terdiri dari 114 laki-laki dan 23 perempuan.

Setelah dilakukan verifikasi berkas administrasi peserta yang dinyatakan lolos sejumlah 107 orang terdiri dari 87 laki-laki dan 20 perempuan. Mereka memiliki latar belakang akademisi, advokat, notaris, aktivis, purnawirawan Polri, purnawirawan TNI, purnawirawan Jaksa, PNS, jurnalis dan wiraswasta.