Logo Bloomberg Technoz

Tiru RI, Malaysia Perketat Antidumping Gegara Banjir Impor China

News
24 July 2024 14:50

Tumpukan peti kemas di areal pelabuhan./dok. Bloomberg
Tumpukan peti kemas di areal pelabuhan./dok. Bloomberg

Anisah Shukry - Bloomberg News

Bloomberg, Kementerian Perdagangan Malaysia sedang meninjau undang-undang antidumpingnya dan berencana untuk mengajukan revisi ke parlemen tahun depan, guna mengikuti langkah Indonesia dalam memitigasi banjir produk-produk murah asal China yang merugikan bisnis lokal.

Pemerintah Malaysia mendukung perlindungan usaha kecil dan menengah dari dampak perdagangan yang tidak adil menyusul arus masuk besar-besaran barang impor murah dari negara-negara termasuk China, kata Wakil Menteri Perdagangan Liew Chin Tong di parlemen pada Rabu (24/7/2024).

Sepanjang 2015 hingga 2023, kementerian memberlakukan sembilan tindakan antidumping terhadap eksportir China untuk melindungi industri lokal, kata Liew ketika menjawab pertanyaan dari senator Low Kian Chuan, yang mengetuai Asosiasi Kamar Dagang dan Industri China Malaysia.

Tindakan ini serupa dengan langkah yang baru-baru ini dilakukan oleh Kementerian Perdagangan Indonesia, yang sedang mempertimbangkan jenis barang yang lebih luas untuk mengatur lonjakan impor, termasuk dari China, yang mengancam industri lokal.