Logo Bloomberg Technoz

Deutsche Bank Rugi di Kuartal-I, Efek Sengketa Warisan

News
24 July 2024 14:30

IklanDeutsche Bank AG di luar cabang bank di Kurfurstendamm, Berlin tengah, Jerman. (Krisztian Bocsi/Bloomberg)
IklanDeutsche Bank AG di luar cabang bank di Kurfurstendamm, Berlin tengah, Jerman. (Krisztian Bocsi/Bloomberg)

Arno Schütze - Bloomberg News

Bloomberg, Deutsche Bank AG mengalami kerugian pada kuartal pertama, yang merupakan pertama kali dalam empat tahun terakhir. Kerugian ini dipicu oleh penurunan transaksi di pasar keuangan dan kerugian yang harus dibukukan karena biaya masalah warisan di unit ritel Postbank.

Pendapatan dari jual beli aset keuangan dan mata uang berpendapatan tetap yang menjadi pendorong utama pendapatan bank asal Jerman ini, turun sekitar 3% pada kuartal tersebut. Ini berbanding terbalik dengan kenaikan rata-rata 5% di bank-bank Wall Street terbesar. 

Selain itu, bank ini mengalami kerugian karena litigasi senilai €1,3 miliar yang terkait dengan Postbank yang telah dikomunikasikan sebelumnya oleh pemberi pinjaman. Ini membuat Deutsche Bank mengalami kerugian €143 juta yang dapat diatribusikan kepada para pemegang saham.

Chief Executive Officer Christian Sewing menegaskan kembali janji jangka menengah untuk mengembalikan €8 miliar kepada para pemegang saham setelah bertahun-tahun memberikan hasil yang kecil, bahkan ketika ketentuan Postbank menimbulkan keraguan akan kemampuan Deutsche Bank untuk melakukan pembelian kembali tahun ini. Sewing berjanji untuk meningkatkan profitabilitas dan meningkatkan pendapatan menjadi €30 miliar tahun ini, dengan pendapatan dari biaya-biaya yang diharapkan dapat mengimbangi pendapatan yang lebih lemah dari pinjaman.