Logo Bloomberg Technoz

"Kalau bicara komponen dan nutrisi pertumbuhan dan perkembangan mereka, tentu karbohidrat karena anak biasanya aktif kan sumber energi utama dari karbohidrat. Bisa nasi, roti, kentang," kata Dicky.

2.⁠ ⁠Protein

Selanjutnya pemenuhan gizi makanan kata Dicky harus ada kandungan protein. Ia menyebut protein memiliki manfaat untuk pertumbuhan anak dan perbaikan jaringan yang rusak.

"Ini untuk pertumbuhan, dan perbaikan jaringan ya. Sumber: daging, ikan, telur kacang-kacangan, produk susu," tambah Dicky. 

3.⁠ ⁠Lemak Sehat

Selain itu Dicky menyebut komponen makanan mengandung lemak sehat. Lemak sehat memiliki manfaat dalam penyerapan vitamin untuk tubuh. 

"Dan juga menyediakan energi yang bisa dari alpukat, kacang-kacangan atau ikan berlemak," jelasnya.

4.⁠ ⁠Vitamin dan Mineral

Kemudian, komponen makanan mengandung vitamin dan mineral. Dicky meyakini kedua hal itu memiliki fungsi untuk berbagai organ tubuh. "Sumbernya:  sayuran dan buah-buahan,"jelasnya.

5.⁠ ⁠Serat

Terakhir, tidak lupa makanan mengandung serat. Dicky mengatakan manfaat makanan yang mengandung serat penting untuk kesehatan pencernaan. 

"Bisa didapatkan dari buah, sayur, biji-bijian. Jadi ini harus ada bila bicara soal gizi anak-anak masa pertumbuhan dan perkembangan," tutupnya.

(dec/spt)

No more pages