Logo Bloomberg Technoz

Permintaan Lelang SUN Tertinggi 6 Bulan, Arus Modal Asing Kembali

Ruisa Khoiriyah
24 July 2024 11:35

Ilustrasi pasar obligasi (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi pasar obligasi (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Animo investor di pasar primer Surat Utang Negara memuncak ke level tertinggi dalam enam bulan terakhir, memberi sinyal positif dimulainya arus masuk pemodal di tengah penguatan sentimen global menyangkut prospek penurunan bunga acuan Amerika Serikat (AS). 

Nilai penawaran masuk dalam lelang SUN yang digelar oleh Kementerian Keuangan RI kemarin mencapai Rp57,19 triliun, naik 18,3% dibanding incoming bids dalam lelang SUN sebelumnya. Rasio penawaran terhadap target emisi, bid-to-cover ratio, mencapai 2,6x naik dari 2,2x di lelang sebelumnya, menjadikan lelang kemarin membukukan permintaan tertinggi dalam enam bulan terakhir atau sejak Januari lalu. 

Animo investor kembali bangkit didorong oleh keyakinan yang menguat bahwa bunga acuan The Fed akan mulai turun pada September nanti dan hal tersebut akan memberi dorongan pada Bank Indonesia untuk memulai penurunan BI rate juga pada kuartal IV-2024.

"Lelang ramai karena terdorong oleh harga obligasi yang sudah murah belakangan ini di mana Kementerian Keuangan RI berhasil menerbitkan obligasi sesuai target dan menjaga cut-off di bawah titik tengah tingkat penawaran terendah dan tertinggi yang masuk," komentar Frances Cheung, Strategist di OCBC Singapura, dilansir dari Bloomberg News

Meski penawaran masuk dari investor melesat, pemerintah memutuskan untuk menurunkan penerbitan surat utang menjadi sebesar Rp22 triliun, dibanding nilai emisi lelang SUN sebelumnya Rp24 triliun.