Logo Bloomberg Technoz

Rupiah Dibuka Ambles Lagi ke Rp16.230/US$ Tergilas Dolar AS

Tim Riset Bloomberg Technoz
24 July 2024 09:11

Karyawan memperlihatkan uang dolar AS dan rupiah di pusat penukaran uang di Jakarta, Rabu (11/10/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Karyawan memperlihatkan uang dolar AS dan rupiah di pusat penukaran uang di Jakarta, Rabu (11/10/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Rupiah kembali terjegal keperkasaan dolar Amerika Serikat (AS). Pada pembukaan pasar spot Asia pagi ini, rupiah terperosok melemah lagi menyentuh Rp16.230/US$, melemah 0,12% dibanding posisi kemarin.

Pelemahan rupiah berlangsung di tengah pergerakan mata uang Asia yang bervariasi pada pembukaan transaksi hari ini. Rupiah melemah bersama rupee India (0,04%), ringgit Malaysia (0,04%) dan peso Filipina (0,01%).

Sementara sebagian valuta Asia lain masih berhasil menguat meski di kisaran sempit dipimpin oleh baht Thailand (0,1%), won Korea (0,08%) juga dong Vietnam (0,07%), serta yuan offshore (0,03%). Sedangkan dolar Singapura, dolar Hong Kong serta yuan China masih tak bergerak posisinya dari level penutupan hari sebelumnya.

Bursa Taiwan hari ini tutup karena ada badai topan yang membuat otoritas setempat meliburkan perdagangan.

Tekanan yang dialami rupiah hari ini terutama karena kebangkitan lagi dolar AS yang kembali diburu seiring dengan antisipasi pelaku pasar menanti rilis data inflasi PCE pada Jumat nanti.