Logo Bloomberg Technoz

Pembeli mewah asal China yang cerdas sedang menunggu perjalanan ke Jepang berikutnya untuk membeli produk-produk mahal dari merek-merek konglomerat ini, Chief Financial Officer LVMH Jean-Jacques Guiony mengatakan dalam presentasinya, dan menambahkan bahwa langkah ini memberikan tekanan terhadap margin grup ini.

Penerimaan deposito LVMH di Amerika Serikat (AS) merosot sebanyak 5,1% pada Selasa. Saham konglomerat ini tahun ini hingga Senin telah turun sekitar 5,7% di Paris.

Ketidakpastian Ekonomi

Dikelola dan dikendalikan oleh Bernard Arnault, orang terkaya ketiga di dunia, LVMH memiliki sekitar 75 merek mewah yang meliputi fesyen, perhiasan, hotel, dan minuman beralkohol. Dalam sebuah pernyataan pada Selasa, ia merujuk pada iklim ketidakpastian ekonomi dan geopolitik.

Penurunan saham LVMH tahun ini berarti kekayaan Arnault telah menurun sekitar US$11 miliar sejauh ini di tahun 2024. Keuntungan dari operasi berulang di paruh pertama jauh dari perkiraan, sementara divisi yang mencakup peritel kosmetik Sephora tumbuh sekitar setengah dari yang diperkirakan analis pada kuartal terakhir.

Permintaan sampanye menghadapi perlambatan yang parah dengan volume yang turun dua digit, kata Guiony. LVMH memiliki label-label seperti Ruinart dan Dom Perignon. Penjualan cognac di AS, yang telah terpengaruh oleh tekanan inflasi di sana, mulai pulih, tambahnya.

Laporan LVMH ini menyusul hasil keuangan yang lebih buruk dari perkiraan dari produsen jam tangan Swiss Swatch Group AG, yang membukukan penurunan laba sebesar 70% yang disalahkan pada anjloknya permintaan dari China, dan peringatan laba dari grup mewah Burberry Group Plc. Induk Cartier, Richemont, membukukan penjualan yang nyaris tidak tumbuh pada kuartal terakhir, meskipun unit perhiasannya terbukti lebih kuat.

Penyedia barang mewah mendapat ledakan belanja di era pandemi yang kehabisan tenaga tahun lalu, terutama untuk merek-merek yang melayani pelanggan aspirasional. Merek-merek paling eksklusif seperti Hermes International SCA--yang akan melaporkan hasil semester pertama pada akhir pekan ini--telah bertahan lebih baik dari penurunan.

(bbn)

No more pages