Logo Bloomberg Technoz

Taiwan & Filipina Tutup Bursa Saham Gegara Topan Gaemi

News
24 July 2024 09:30

Bursa saham Asia. Dok Bloomberg
Bursa saham Asia. Dok Bloomberg

Manolo Serapio Jr dan Cindy Wang - Bloomberg News

Bloomberg, Filipina dan Taiwan telah menutup pasar keuangan, sekolah, dan perkantoran pada Rabu (24/7/2024) karena Topan Gaemi menghantam Manila dan mengarah ke Taipei.

Beberapa bagian dari metropolitan Manila terendam banjir setinggi lutut, membuat mobil-mobil terdampar, dan para komuter di pagi hari ketika badai yang secara lokal dinamai Carina ini menerjang kota tersebut.

Bursa Efek Filipina mengatakan tidak akan ada perdagangan di pasar ekuitasnya, menurut sebuah unggahan di X, sementara bank sentral negara ini mengatakan perdagangan mata uang dan operasi moneter akan ditutup. Perdagangan pendapatan tetap akan tetap dibuka.

Badai ini kemungkinan akan mendarat dan melewati Taiwan utara pada Rabu malam, menurut Kantor Berita Pusat Taiwan, mengutip peramal cuaca Liu Yu-chi. Prakiraan saat ini dari Pusat Peringatan Topan Bersama AS menyebutkan bahwa angin Gaemi akan mencapai kecepatan 150 mil (240 kilometer) per jam dalam skala AS dalam 12 jam ke depan. Meskipun badai ini akan kehilangan kekuatannya saat mencapai daratan, intinya masih akan menyebabkan pemadaman listrik dan kerusakan bangunan.