Logo Bloomberg Technoz

China Getol Awasi Taiwan, Makin Sering Patroli di Wilayah Nelayan

News
24 July 2024 05:57

Sebuah kapal Penjaga Pantai Taiwan di Pelabuhan Perikanan Kinmen Hsinhu di Kinmen, Taiwan, Rabu (22/5/2024). (I-Hwa Cheng/Bloomberg)
Sebuah kapal Penjaga Pantai Taiwan di Pelabuhan Perikanan Kinmen Hsinhu di Kinmen, Taiwan, Rabu (22/5/2024). (I-Hwa Cheng/Bloomberg)

Yian Lee - Bloomberg News

Bloomberg, Seorang nelayan Taiwan, Chen Zhi-rong, mengatakan selama beberapa dekade, berlayar di perairan yang berbatasan dengan garis pantai China adalah hal yang biasa. Sejak Beijing menyita sebuah kapal dan awaknya untuk pertama kalinya dalam 17 tahun karena melanggar larangan penangkapan ikan – dan terus menahan mereka – semua itu telah berubah.

Chen mengatakan Penjaga Pantai China sekarang “terus-menerus” berpatroli di sebelah timur garis tengah Selat Taiwan, mengacu pada perbatasan yang dibuat Amerika Serikat (AS) yang selama beberapa dekade berfungsi sebagai penghalang tidak resmi antara kedua belah pihak.

“Perahu nelayan mungkin tidak akan mendekati Kinmen dan pantai China dalam waktu dekat,” kata Chen. “Semua orang khawatir akan ditahan sekarang.”

Ketakutan di kalangan nelayan menunjukkan bahwa China beralih ke taktik baru untuk menekan kepulauan yang dikelola secara demokratis dan didukung AS itu, yang telah dijanjikan Beijing untuk dikuasainya suatu hari nanti.