Logo Bloomberg Technoz

Topan Gaemi Mengintai, Taiwan Tutup Bursa Saham hingga Sekolah

News
23 July 2024 19:50

Ilustrasi Bursa Saham Asia.
Ilustrasi Bursa Saham Asia.

Charlotte Yang dan Cindy Wang - Bloomberg News

Bloomberg, Taipei akan menghentikan aktivitas kerja, sekolah, dan bursa saham senilai US$2,4 triliun saat topan Gaemi mendekati Taiwan dengan angin kencang dan hujan deras.

Pulau ini tidak akan melakukan perdagangan sekuritas, mata uang, atau pendapatan tetap pada Rabu (24/07/2024), menurut pernyataan dari bursa sahamnya. Pihak berwenang telah mengeluarkan peringatan pada Selasa (23/07/2024) bahwa badai tersebut dapat berdampak pada orang-orang di darat dan membatalkan beberapa penyeberangan kapal dan penerbangan domestik.

Taiwan Semiconductor Manufacturing Co (TSMC) mengharapkan pabrik pembuatan chip lokalnya untuk mempertahankan produksi normal, menurut pernyataan tertulis dari perusahaan. Pembuat chip utama untuk Apple Inc dan Nvidia Corp itu mengatakan telah mengaktifkan persiapan rutin untuk peringatan topan di semua pabrik, termasuk menempatkan tim tanggap darurat dalam keadaan siaga.

Gaemi mulai menyapu Filipina dalam beberapa hari terakhir, menempatkan bagian utara pulau utama Luzon dalam keadaan siaga. Sistem ini muncul ketika badai tropis Prapiroon juga berdampak pada China dan Vietnam.