Logo Bloomberg Technoz

Di X, Barbra Streisand menulis bahwa Biden "akan tercatat dalam sejarah sebagai pria yang mencapai prestasi signifikan dalam masa jabatan empat tahunnya." 

Jamie Lee Curtis menggunakan Instagram untuk menunjukkan dukungannya bagi Harris, menyebutnya sebagai "pendukung gigih hak-hak perempuan dan orang kulit berwarna."

Optimisme semacam itu menandai perubahan suasana hati yang signifikan di antara Demokrat di ibu kota pembuatan film AS.

Bos Netflix Inc, Reed Hastings, agen super Ari Emanuel, dan pembawa acara larut malam Stephen Colbert, di antara tokoh-tokoh berpengaruh lainnya dalam industri hiburan, semuanya secara terbuka meminta Biden untuk mengakhiri kampanyenya dan memberi jalan bagi kandidat lain yang dapat lebih mudah mengalahkan mantan Presiden Donald Trump.

Seruan-seruan tersebut mencapai puncaknya ketika bintang film George Clooney, seorang Demokrat seumur hidup yang membantu mengumpulkan US$30 juta untuk presiden di sebuah acara yang diadakan oleh pembawa acara larut malam Jimmy Kimmel, menulis dalam op-ed New York Times pada 10 Juli bahwa Biden perlu mundur.

"Kita bisa menenggelamkan kepala kita dalam pasir dan berdoa untuk keajaiban di bulan November," tulis Clooney.

“Atau kita bisa berbicara kebenaran."

Pada hari-hari berikutnya, donor Demokrat terkemuka mengatakan bahwa mereka akan menahan kontribusi lebih lanjut untuk upaya pencalonan kembali presiden sampai kandidat lain menggantikannya di puncak tiket. Dengan Biden sekarang mundur, penggalang dana kampanye dan penasihat mendukung Harris.

"Saya senang melihat betapa antusiasnya orang-orang terhadap Kamala," kata Leslie Gilbert-Lurie, mantan eksekutif televisi dan penggalang dana Partai Demokrat.

Dukungan yang Semakin Meningkat

Pada hari Senin, banyak Demokrat terkemuka mendukung Harris, termasuk pejabat yang mungkin menjadi saingan untuk nominasi, seperti Gubernur Michigan Gretchen Whitmer dan Gubernur Maryland Wes Moore. 

Philip Recht, seorang penggalang dana Demokrat dan mantan pejabat pemerintahan Clinton, mencatat bahwa Harris memiliki hubungan sendiri dengan Hollywood: Suami wakil presiden, Doug Emhoff, dulunya adalah seorang pengacara hiburan.

Bos Netflix, Hastings, mengatakan minggu lalu bahwa Demokrat “kembali dalam permainan” setelah laporan bahwa Biden mungkin mundur. Namun, dia tidak segera mendukung Harris setelah presiden secara resmi membatalkan pencalonannya, hanya mengatakan bahwa delegasi partai harus menominasikan “pemenang negara ayunan.”

Dan setelah berminggu-minggu gejolak partai, kekhawatiran akan kemenangan Trump masih membayangi beberapa donor.

"Saya senang bahwa Biden mundur, tetapi saya tidak yakin ini akan membuat perbedaan," kata Todd Morgan, ketua Bel Air Investment Advisors yang berbasis di Beverly Hills. 

"Saya pikir kerusakan sudah terjadi."

(bbn)

No more pages