Logo Bloomberg Technoz

Luhut: 11 Isu Sektor Hulu Migas Perlu Diperbaiki

Dovana Hasiana
23 July 2024 20:00

Luhut Binsar Pandjaitan./Bloomberg-Dimas Ardian
Luhut Binsar Pandjaitan./Bloomberg-Dimas Ardian

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menilai setidaknya terdapat 11 isu utama yang perlu diperbaiki di sektor hulu minyak dan gas bumi (migas). 

Luhut tidak menjelaskan dengan lengkap perihal 11 isu utama tersebut, tetapi mengatakan isu tersebut di antaranya adalah lamanya persetujuan izin lingkungan, peraturan terkait ruang laut dan pertanian, perpajakan migas yang kurang kondusif, hingga kurangnya dukungan dari sebagian pemerintah daerah.

Selain itu, Luhut juga merasa bahwa proses perizinan dan tumpang tindih kewenangan antar kementerian/lembaga seringkali menjadi hambatan. Kebijakan yang ada juga seringkali masih dinilai kurang memberikan iklim investasi yang menarik bagi para investor di sektor ini.

“Saya menegaskan kepada setiap kementerian/lembaga di dalam satuan tugas [task force] yang sudah dibentuk, agar terus melakukan monitoring dan evaluasi atas kegiatan investasi, produksi dan lifting migas di Indonesia,” ujar Luhut dalam unggan di akun Instagram resmi, Selasa (23/7/2024). 

Adapun, pernyataan tersebut dilontarkan usai Luhut melakukan rapat koordinasi dengan kementerian/lembaga terkait untuk mengevaluasi dan menyusun langkah strategis dalam mendorong peningkatan produksi siap jual atau lifting migas di Indonesia.