Logo Bloomberg Technoz

3 Calon Emiten Mulai Book Building IPO Hari ini, Ada Multivision

Whery Enggo Prayogi
11 April 2023 12:42

Layar pergerakan saham (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (9/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Layar pergerakan saham (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (9/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Tiga calon perusahaan publik memulai masa penawaran awal atau book building hari ini, Selasa (11/4/2023). Salah satunya adalah PT Tripar Multivision Plus Tbk (RAAM), yang menawarkan harga saham perdana lewat skema Initial Public Offering (IPO) di Rp 224-Rp 250/saham.

Dalam dokumen tertulis perusahaan yang dipublikasikan, Multivision Plus yang menjalankan usaha rumah produksi atau PH (Production House) menawarkan 929,2 juta saham kepada publik. Target dana hasil IPO maksimal mencapai Rp 232,3 miliar. Bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi adalah Sucor Sekuritas dan UOB Kay Hian Sekuritas.

RAAM akan menggunakan dana hasil IPO untuk modal kerja 81,6%. Perseroan akan melakukan pembiayaan kegiatan produksi film, web series, atau sinetron dan kegiatan marketing. Sisanya 18,4% sebagai setoran modal untuk PT Platinum Sinema. Setoran ini setara dengan 99,9% kepemilikan,

Selanjutnya Platinum akan membangun dan mengoperasikan satu teater baru di Kebumen. Rencana operasi kuartal II tahun ini. Selanjutnya Platinum akan memiliki tiga teater baru di Banyuwangi, Tabanan, Kuala Kapuas, dengan target operasi tahun ini. Sedangkan lima teater baru di Garut, Padang Sidempuan, Bondowoso, Demak, Pangkalan Bun akan beroperasi tahun depan.

Masa book building RAAM pada 11 April hingga 18 April, dengan target efektif di 28 April. Masa penawaran umum pada 3 hingga 5 Mei, dengan penjatahan di 5 Mei. Distribusi saham pada 8 Mei dengan target listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 9 Mei mendatang.