Logo Bloomberg Technoz

Pasar Surat Utang RI Bangkit, Rupiah Ditutup Menguat Tipis

Tim Riset Bloomberg Technoz
23 July 2024 16:18

Ilustrasi Rupiah. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi Rupiah. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Rupiah spot ditutup menguat tipis di ujung perdagangan hari ini, terungkit sentimen pasar yang mulai membaik.

Rupiah spot parkir di Rp16.210/US$, mencerminkan penguatan tipis 0,06% dibanding posisi hari sebelumnya. Penguatan tipis rupiah berlangsung ketika mata uang Asia mayoritas bergerak naik mengalahkan dolar Amerika.

Baht dan ringgit memimpin penguatan masing-masing 0,24% dan 0,21%. Disusul oleh won Korea 0,11% dan yuan offshore 0,13%. Dong Vietnam, peso, rupee, dolar Hong Kong dan yuan Tiongkok menjadi mata uang Asia yang masih melemah sampai sore hari ini.

Rebound rupiah setelah tertekan beberapa hari, didukung oleh sentimen positif pasar surat utang yang hari ini mencatat penurunan imbal hasil di sebagian tenor. Yield SBN di bawah 7Y bergerak turun meski tenor acuan 10Y masih naik di 7,00%.

Lelang Surat Utang Negara yang dilangsungkan ini mendapat animo besar dari investor yang membukukan incoming bids sebesar Rp57,19 triliun, naik dibanding lelang SUN sebelumnya dengan penawaran masuk Rp48,35 triliun.