Logo Bloomberg Technoz

Warren Buffett Diam-diam Lepas Saham BYD

News
23 July 2024 17:40

Kendaraan listrik dipajang di stand sponsorship BYD Co./Bloomberg-Liesa Johannssen
Kendaraan listrik dipajang di stand sponsorship BYD Co./Bloomberg-Liesa Johannssen

Danny Lee - Bloomberg News

Bloomberg, Berkshire Hathaway Inc telah menjual sejumlah saham BYD Co tanpa diketahui publik. Ini merupakan saham yang telah mereka miliki selama lebih dari 15 tahun.

Dalam sebuah pengajuan ke bursa Hong Kong pada Senin (22/07/2024), perusahaan investasi milik Warren Buffett ini mengungkap bahwa kepemilikan sahamnya turun menjadi 4,94% dari 5,06%, dan jauh di bawah 20% dua tahun lalu. Penurunan di bawah ambang batas 5% berarti Berkshire tidak lagi wajib untuk mengungkapkan penjualan saham lebih lanjut, atau bahkan jika mereka sepenuhnya keluar dari posisi mereka.

Berita ini membuat saham BYD di Hong Kong turun hingga 4% pada Selasa (23/07/2024), penurunan terbesar dalam enam minggu. Namun, setidaknya satu investor percaya bahwa ekspektasi penjualan penuh saham hampir pasti terjadi.

"Buffett pada akhirnya akan memangkas kepemilikan saham BYD-nya menjadi nol," kata Andy Wong, seorang direktur investasi di Solomons Group. "Setelah itu selesai, hal ini seharusnya membantu saham BYD di Hong Kong mencapai titik terendah" mengingat fundamental yang kuat dari pembuat mobil China tersebut.