Logo Bloomberg Technoz

“Mudah-mudahan bisa mendorong ekosistem ekonomi yang positif bagi seluruh penjual kebaya dan kain nusantara, termasuk ekosistemnya seperti fashion designer, penjahit, pembatik, dan pelaku industri kreatif terkait lainnya,” kata Renitasari.

Hari Kebaya Nasional (Bloomberg Technoz/Septiana Ledysia)

Bagi Aktris Putri Marino sendiri, kebaya memiliki arti yang sangat personal. Ia ingin kebaya tetap terus bertahan menjadi budaya yang tidak digerus dengan waktu. 

“Saya lahir dan besar di Bali, di mana kebaya menjadi hal yang biasa digunakan. Dan saya harap kebaya tetap bertahan, karena saya memiliki anak perempuan yang saya harap ketika ia besar, masih bisa melihat perempuan mengenakan kebaya,” ujar Putri.

Di sisi lain, Bramsky sebagai sutradara film berharap film ini dapat mengajak penonton untuk membayangkan kebaya sebagai entitas yang hidup, berkembang seiring waktu dan menyatu dengan perjalan hidup perempuan Indonesia.

“Jika kebaya bisa berbicara, cerita apa yang akan ia ceritakan? Film ini menggambarkan bagaimana kebaya, seiring waktu, beradaptasi dengan setiap generasi perempuan yang memakainya. Kebaya menjadi saksi perjalanan hidup perempuan, dari masa muda hingga dewasa, mencerminkan kebijaksanaan dan keindahan yang berkembang seiring bertambahnya usia,” tutup Bramsky.

Film 'Kebaya Kala Kini' bisa ditonton di akun YouTube Indonesia Kaya mulai Rabu (24/7/2024).

(spt)

No more pages