Logo Bloomberg Technoz

Toyota Buyback Saham Rp83 T dari Raksasa Finansial Jepang

News
23 July 2024 17:00

Stan Toyota Motor Corp. saat Japan Mobility Show di Tokyo, Jepang, Rabu (25/10/2023). (Noriko Hayashi/Bloomberg)
Stan Toyota Motor Corp. saat Japan Mobility Show di Tokyo, Jepang, Rabu (25/10/2023). (Noriko Hayashi/Bloomberg)

Takako Taniguchi dan Natsuko Katsuki - Bloomberg News

Bloomberg, Toyota Motor Corp akan membeli kembali saham (buyback) senilai ¥806,8 miliar (sekitar Rp83 triliun) dari bank-bank dan perusahaan asuransi besar Jepang sebagai bagian dari upaya yang lebih luas untuk mengurangi kepemilikan saham strategis dengan mitra keuangan.

Mitsubishi UFJ Financial Group Inc, Sumitomo Mitsui Financial Group Inc, Tokio Marine Holdings Inc, dan MS&AD Insurance Group Holdings Inc akan melepas saham mereka dengan harga ¥2.781 per saham, atau diskon 11% dari harga penutupan pada Selasa (23/07/2024), menurut pernyataan Toyota.

Pembelian kembali saham ini merupakan bagian dari rencana pembelian kembali saham senilai ¥1 triliun yang diumumkan oleh Toyota pada bulan Mei, dan juga bertujuan untuk memenuhi desakan pemerintah Jepang kepada perusahaan-perusahaan besar untuk mengurangi kepemilikan saham silang yang terbentuk selama beberapa dekade untuk memperkuat hubungan bisnis.

Meskipun hal ini telah membawa beberapa tingkat akuntabilitas bagi manajemen dan meningkatkan tata kelola perusahaan, bank-bank dan bisnis terbesar lambat untuk mengurangi kepemilikan mereka. Mengingat skala dan signifikansi, kesepakatan Toyota dapat memicu gelombang yang lebih luas dari pelemahan ikatan ekuitas di Jepang.