Logo Bloomberg Technoz

Harris adalah kandidat terkuat pengganti Biden saat ini. Selain dukungan dari Biden, Harris telah mengantongi dukungan dari banyak kader Partai Demokrat untuk maju dalam Pilpres AS November mendatang.

Wakil presiden ini juga mendapatkan dukungan dari beberapa anggota Kongres, termasuk Perwakilan Jim Clyburn, mantan pendukung Biden. "Saya akan mendukung Harris jika Biden tidak ada di sana," katanya kepada USA Today awal bulan ini.

Terbaru, mantan Ketua DPR AS Nancy Pelosi juga memberikan dukungan kepada Harris.

Perannya, seperti kebanyakan wakil presiden lainnya, tidak terlalu menonjol. Pada tahun 2021, misalnya, sebuah jajak pendapat dari USA Today dan Universitas Suffolk menemukan bahwa ia hanya mendapat 28 persen dukungan--angka yang menunjukkan peringkatnya lebih rendah daripada wakil presiden sebelumnya, seperti Dick Cheney.

Namun, seiring dengan persiapan Biden mundur dari pencalonan pada tahun 2024, Harris mendapati elektabilitasnya sedang menanjak. Jajak pendapat pekan lalu dari kantor berita The Associated Press dan NORC Center for Public Affairs Research menemukan bahwa 74 persen anggota Partai Demokrat menganggap kinerjanya "baik." 43 persen responden secara keseluruhan memiliki pandangan yang sama tentang Harris.

Berasal dari Oakland, California, Harris sebelumnya menjabat sebagai jaksa agung negara bagian dan senator AS.

Gubernur Michigan Gretchen Whitmer (Dok: Erin Kirkland/Bloomberg)

Gubernur Michigan Gretchen Whitmer

Whitmer mewakili negara bagian swing state yang didambakan dalam Pilpres tahun ini. Ia juga berkampanye untuk Biden dan menegaskan kembali dukungannya kepada Presiden Biden ketika tekanan meningkat agar ia mengakhiri kampanye pemilihannya kembali.

"Saya adalah pendukung Presiden Biden yang antusias, dan saya akan berusaha sekuat tenaga untuk memastikan bahwa ia akan mendapatkan masa jabatan kedua," katanya kepada NPR pada awal Juli lalu, setelah penampilan debat yang buruk dari Biden.

Lahir dan dibesarkan di ibu kota negara bagian Lansing, Whitmer terpilih menjadi anggota legislatif negara bagian beberapa kali dan menjabat sebagai anggota Komite Nasional Partai Demokrat sebelum ia menjabat sebagai gubernur.

Sebagai seorang progresif, ia pernah berseteru secara terbuka dengan Trump, terutama saat pandemi COVID-19. Whitmer menerapkan perintah untuk tetap di rumah di awal pandemi dan mengeluarkan larangan untuk mengadakan pertemuan berskala besar di negara bagiannya. Hal itu mendorong Trump, yang menentang pembatasan, menyebutnya "diktator" dan mengecamnya di media sosial.

Kemudian pada tahun yang sama, Biro Investigasi Federal (FBI) mengumumkan bahwa mereka telah menggagalkan upaya kelompok sayap kanan untuk menculik Whitmer terkait kebijakan COVID-19. Namun, Whitmer telah menyatukan Partai Demokrat di negara bagiannya dan membantu memimpin partai tersebut menuju kemenangan bersejarah di tahun 2022. Tidak hanya merebut kembali jabatan gubernur, tetapi juga Partai Demokrat berhasil menguasai DPR dan Senat. Hal itu memberi partai tersebut "trifecta" untuk pertama kalinya sejak 1984.

Secara nasional, Whitmer dalam beberapa hari terakhir ini telah kembali menghadapi Trump. Menjelang rapat umum mantan presiden pada Sabtu di Michigan dengan wakil presiden yang dipilihnya, JD Vance, Whitmer mengeluarkan sebuah video yang mengingatkan Trump bahwa negara bagian tersebut memiliki hak-hak aborsi yang kuat dan menuduhnya telah mengingkari janji-janji yang dibuat kepada para pekerja di Detroit.

Gubernur Illinois J.B. Pritzker (Dok: Jamie Kelter Davis/Bloomberg)

Gubernur Illinois JB Pritzker

Seperti banyak orang yang masuk dalam daftar calon pengganti Biden, Pritzker bukan hanya seorang gubernur, tetapi juga seorang pengganti Biden yang menonjol. Meskipun negara bagian asal Pritzker, Illinois, merupakan kubu tradisional Partai Demokrat, tapi negara bagian ini merupakan titik temu bagi Midwest, sebuah wilayah tempat bertemunya pertanian dan industri.

Illinois juga sangat dekat dengan negara bagian swing states seperti Wisconsin. Pritzker telah mencoba memanfaatkan akarnya di wilayah ini untuk keuntungannya--dan Biden--, dengan berjanji untuk membangun "tembok biru" di seluruh Midwest.

"Inilah hal yang mungkin tidak dimengerti oleh orang-orang di pesisir pantai tentang Demokrat Midwest. Kami akan menjadi Midwest yang baik kepada Anda, sementara kami Midwest mengalahkan Anda," katanya memainkan identitas regionalnya sambil mengecam Trump.

Seorang pengacara dengan pengalaman politik puluhan tahun, Pritzker sebelumnya pernah menjadi ketua kampanye kepresidenan Hillary Clinton di tahun 2008. Saat ia mengincar jabatan gubernur di tahun 2017, ia menginvestasikan lebih dari US$42 juta kekayaannya untuk berkampanye. Keluarganya memiliki Hyatt Hotels and Resorts.

Pritzker tidak asing dalam menghadapi Trump, dan menyebut gerakan sayap kanannya sebagai "kanker" yang menyebar ke seluruh bagian Partai Republik. Bulan ini, ia telah melakukan kampanye di Indiana dan Ohio, berusaha untuk menarik basis dukungan Trump dan menggalang dukungan dari Partai Demokrat.

(ros/hps)

No more pages