Logo Bloomberg Technoz

Indonesia juga memanfaatkan potensi pasar dan investasi yang luas dari peran serta dalam berbagai forum kerja sama internasional seperti ASEAN, G20, RCEP, IPEF, EURASIA, CP-TPP, hubungan Indonesia dengan EU, dan termasuk aksesi menjadi anggota OECD. 

Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II 2024

Pada paruh kedua 2024, Airlangga menyebutkan sektor konsumsi akan tetap menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi yang kuat. Kebijakan pemerintah mengenai stabilitas harga dan program perlindungan sosial akan turut mendukung pertumbuhan tersebut.

Dia mengklaim sektor riil juga tumbuh kuat dengan PMI Manufaktur Indonesia ekspansif selama 34 bulan berturut-turut serta sektor eksternal, yakni neraca perdagangan yang terus menunjukkan surplus selama 50 bulan berturut-turut.

Kinerja makro fiskal di mana rasio pajak secara konsisten juga tumbuh sebesar dua digit sejak tahun 2022 diiringi dengan defisit fiskal di bawah 3% dari PDB pasca-Covid 19. Sementara itu, sektor keuangan yakni pertumbuhan kredit dan DPK menunjukkan tren meningkat dan pertumbuhan kredit perbankan berada di atas 11% tahun ini.

Selain itu, Indonesia pada tahun ini juga mencapai tonggak penting dengan naik ke peringkat 27 dari sebelumnya di peringkat 34 dalam peringkat daya saing global. Seluruh lembaga pemeringkat besar juga telah mempertahankan Indonesia pada level investment grade.

“Salah satu pendorong utama kami adalah dari infrastruktur. Lalu efisiensi bisnis, efisiensi pemerintah, dan kinerja ekonomi. Salah satu hal yang juga kami kuatkan adalah di pasar tenaga kerja. Pasar tenaga kerja, sebenarnya, kita nomor dua dari seluruh negara. Itu karena kami memperkenalkan Undang-Undang Cipta Kerja,” ujar Menko Airlangga.

Lebih lanjut, Menko Airlangga memaparkan terkait visi Indonesia Emas 2045 dimana Indonesia bertujuan untuk mencapai PDB nominal sebesar US$9,8 triliun dan berada di antara lima negara dengan perekonomian teratas secara global. Tujuan ini memerlukan pendekatan transformatif, dengan fokus pada ilmu pengetahuan dan teknologi, inovasi, ekonomi hijau, transformasi digital, dan integrasi ekonomi.

Pada kuartal I 2024, ekonomi Indonesia tumbuh sebesar 5,11 (yoy) dan inflasi bulan Juni 2024 terkendali dalam rentang sasaran, yakni 2,5% (yoy). 

“Saya pikir Indonesia berada di posisi tiga besar di antara negara G20 dalam hal pertumbuhan dan inflasi. Dan utang pemerintah juga di bawah 40%,” ungkap Airlangga.

(lav)

No more pages