Logo Bloomberg Technoz

Di depan Investor, Airlangga Pamer 3 Mesin Pertumbuhan Ekonomi

Redaksi
23 July 2024 14:06

Menko Ekonomi Airlangga di Kantornya. (Dok: Azura/Bloomberg Technoz)
Menko Ekonomi Airlangga di Kantornya. (Dok: Azura/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan tiga mesin pertumbuhan ekonomi Indonesia, yakni hilirisasi, pembangunan infrastruktur, dan kerja sama internasional demi ketahanan pangan. 

Hal itu diungkapkan Airlangga di hadapan sejumlah investor lokal dan asing dalam acara Macro Day Event di Jakarta, Senin (22/7/2024).

“Hilirisasi sudah banyak kita lakukan, termasuk pada mineral nikel. Juga melalui proyek infrastruktur, proyek strategis nasional. Kemudian tentu saja kerja sama internasional dan ketahanan pangan,” kata Airlangga dalam keterangan tertulis, Selasa (23/7/2024).

Selain itu, Airlangga menambahkan pemerintah terus berkomitmen untuk mendukung sektor teknologi dan manufaktur yang lebih luas, termasuk dengan mengembangkan industri terkait komponen semikonduktor seperti produksi komponen kendaraan listrik (EV).

Indonesia juga berkomitmen terhadap inisiatif pengurangan emisi dan transisi energi, salah satunya melalui Asian Zero Emission Community (AZEC) yang telah memberikan pendanaan untuk beberapa proyek di Indonesia, seperti pembangkit listrik tenaga panas bumi, konservasi lahan, dan panel surya.