Logo Bloomberg Technoz

Kamala Harris Dapat Cukup Dukungan Delegasi Maju Pilpres AS

News
23 July 2024 15:50

Kamala Harris. (Sumber: Bloomberg)
Kamala Harris. (Sumber: Bloomberg)

Gregory Korte dan Jordan Fabian - Bloomberg News

Bloomberg, Kamala Harris mendapatkan dukungan cukup dari delegasi untuk dicalonkan sebagai presiden dari Partai Demokrat.

Menurut penghitungan tidak resmi Associated Press, Harris menjadi sebagai calon kuat pada Senin (22/07/2024) malam setelah melewati angka 1.976 delegasi yang dijanjikan. Meskipun delegasi yang menyatakan dukungan mereka tidak diwajibkan untuk mendukung pencalonannya, pencapaian ini — dan kurangnya oposisi yang kredibel — menegaskan cengkeraman wakil presiden tersebut terhadap pencalonan dari Partai Demokrat.

“Malam ini, saya bangga telah mendapatkan dukungan luas yang diperlukan untuk menjadi calon presiden dari partai kami. Sebagai anak perempuan dari California, saya bangga bahwa delegasi dari negara bagian saya membantu menjadikan kampanye kami unggul,” katanya dalam pernyataan yang dirilis oleh kampanyenya. “Saya berharap segera menerima pencalonan secara resmi.”

Presiden AS Joe Biden memilih Harris — rival utama pada tahun 2020 yang menjadi pasangannya — sebagai penggantinya tak lama setelah mengumumkan pada Minggu (21/07/2024) bahwa dia akan mundur setelah mendapat desakan mundur akibat debat yang buruk bulan lalu.