Logo Bloomberg Technoz

Apakah Gula Darah 190 Setelah Makan Normal?

Redaksi
23 July 2024 15:10

Infografis Cara Menaikkan Gula Darah Bagi Penderita Hipoglikemia (Bloomberg Technoz/Asfahan)
Infografis Cara Menaikkan Gula Darah Bagi Penderita Hipoglikemia (Bloomberg Technoz/Asfahan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kadar gula darah cenderung berbeda-beda sepanjang hari dan dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk usia dan makanan yang dikonsumsi.

Dilansir dari beberapa sumber, kadar gula darah manusia sebelum makan, normalnya berkisar antara 70-130 miligram/desiliter. Setelah makan, kadar akan naik dari batas tersebut yaitu kurang dari 140 miligram/desiliter setelah 2 jam. 

Lalu, apakah gula darah hingga 190 setelah makan normal? Ternyata, kadar gula darah 190 setelah makan dapat dikatakan lebih tinggi dari normal. Pasalnya, gula darah cenderung kembali ke kadar normal dua jam setelah makan. Namun, jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi bisa sangat memengaruhi kondisi ini.

Untuk itu, simak penjelasan dan cara menurunkan gula darah berikut ini.

Gula Darah 190 Setelah Makan

Kadar gula darah 190 setelah makan bisa dikatakan melebihi normal dan menjadi salah satu gejala prediabetes. Dilansir dari Mayo Clinic, kadar gula darah antara 140 hingga 199 mg/dL (7,8 dan 11 mmol/L) digolongkan sebagai prediabetes. Kondisi ini membuat seseorang memiliki risiko diabetes tipe 2 dan penyakit jantung yang lebih besar. Pasalnya, kadar gula darah cenderung kembali normal dalam dua jam setelah selesai makan. Meskipun makanan dan minuman yang dikonsumsi serta dosis insulin yang digunakan sangat berpengaruh, efek postprandial dapat berbeda-beda pada masing-masing orang.

Konsultasi dengan Dokter