Logo Bloomberg Technoz

Sementara itu, dalam riset terpisah, Sarah juga optimis terhadap Bank BRI. “Prospek laba Bank Rakyat Indonesia akan tetap unggul dan sehat, dengan Margin Bunga Bersih (Net Interest Margin/NIM) yang tetap mengungguli pesaing.”

Dalam trend tahunan, pertumbuhan angka pinjaman Bank BRI berpotensi tetap konsisten di dua digit yang didukung oleh waralaba Bisnis Mikro yang sukses dan berkembang pesat. Return on Equity yang meninggi menjadi 20% pada 2023 daripada sebelumnya 13% pada 2021, menempatkan bank pelat merah satu ini tepat di jalur untuk mengungguli profitabilitas para pesaingnya di Indonesia, bahkan ASEAN.

Fokus yang lebih tajam pada pembiayaan mikro kemungkinan akan mendorong ekspansi neraca jangka panjang dan meningkatkan manajemen risiko sosialnya yang sudah kuat. 

Bisnis pembiayaan mikro yang berkembang, yang mencakup 48% dari portofolionya, dapat terus mendorong pertumbuhan, menempatkan bank ini pada jalur untuk mencapai target pertumbuhan pinjaman 10–12% tahunan di 2024 ini. 

“Namun memang, tekanan inflasi menimbulkan risiko terhadap permintaan di usaha kecil,” jelasnya.

Gerak Harga dan Rekomendasi Saham BBRI

Dalam catatan perdagangan BEI, Selasa siang di jeda Sesi I, harga saham BBRI sedang melemah 50 poin (1,02%) ke level Rp4.860/saham.

Pergerakan Saham BBRI secara Year to Date (Bloomberg)

Trend turun terjadi usai melibatkan sebanyak 46,72 juta saham, dengan nilai transaksi sebesar Rp228,09 miliar. Frekuensi yang terjadi sebanyak 17 ribu kali.

Dengan pencapaian tersebut, saham BBRI mengakumulasi penurunan mencapai 15,11% di sepanjang tahun berjalan 2024.

Meski demikian, sebanyak 32 Analis merekomendasikan Buy, Beli saham BBRI berdasarkan konsensus Bloomberg. Sementara hanya tiga analis rekomendasikan Hold, dan tidak ada satupun yang merekomendasikan Sell. 

Konsensus Bloomberg menghasilkan target harga potensial Rp5.935/saham untuk 12 bulan ke depan.

Terbaru, Kresna Hutabarat, Analis Mandiri Sekuritas memberikan rekomendasi Buy dengan target harga Rp6.000/saham. Sedang, Jayden Vantarakis, Analis Macquarie memberikan rekomendasi Outperform, atau setara dengan Beli saham BBRI dengan target harga Rp6.630/saham.

(fad/dba)

No more pages