Logo Bloomberg Technoz

Ini Analisa Bloomberg Terhadap Kinerja BBRI di Q2-2024

Muhammad Julian Fadli
23 July 2024 13:17

Ilustrasi Bank BRI (BBRI) (Dennis A. Pratama/Bloomberg Technoz0
Ilustrasi Bank BRI (BBRI) (Dennis A. Pratama/Bloomberg Technoz0

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) di pekan ini berencana mengumumkan kinerja Kuartal II-2024. Mengutip dari keterbukaan informasi pada Events Calendar di Bloomberg, pengumuman tersebut akan dilangsungkan pada 25 Juli, lusa mendatang.

Dalam catatan dan riset Analis Bloomberg Intelligence Sarah Jane Mahmud memaparkan, laba Bank Rakyat Indonesia diprediksi akan meningkat. Menariknya, peningkatan tersebut berasal dari pertumbuhan pinjaman, setelah kenaikan yang amat baik pada Kuartal I-2024 kemarin.

“Pertumbuhan pinjaman secara bank-only mencapai 11% pada Mei dibandingkan tahun sebelumnya, dipimpin oleh segmen Usaha Mikro, Kecil dan Menengah yang menghasilkan margin hasil lebih tinggi dan mewakili 66% dari total portofolio bank,” terang Sarah dalam risetnya terbarunya, Selasa (23/7/2024).

Pertumbuhan laba pada Kuartal II-2024 bagi Bank Rakyat kemungkinan didukung oleh momentum pertumbuhan pinjaman yang kuat, meskipun hal ini dapat diimbangi oleh potensi penurunan margin, dan meningkatnya biaya kredit. Akan tetapi, hal ini dapat membantu mengurangi tekanan pada margin seperti di Kuartal I, yang disebabkan oleh meningkatnya biaya pendanaan dan tingkat kebijakan suku bunga yang tinggi.

Dalam pandangan Analis Bloomberg, seiring dengan pengembangan teknologi digital yang makin diadopsi dan mempermudah nasabah, biaya-biaya operasional mungkin akan bertahan di kisaran saat ini, dan bahkan berpotensi cenderung menurun.